IKLAN

Rencana Perluasan Pelabuhan, 30 KK Labuan Uki Bolmong Terancam


 

Aktifitas Nelayan di Pelabuhan Labuan Uki, Lolak, Bolmong. (f-manadoline)

Aktifitas Nelayan di Pelabuhan Labuan Uki, Lolak, Bolmong. (f-manadoline)

BOLMONG – Rencana perluasan pelabuhan Labuan Uki, menemui kendala. Senin (13/4) warga Desa Labuan Uki yang menempati area rencana pemerintah tersebut menggelar aksi demo di Kantor Bupati Bolmong di Lolak.

Warga di Kecamatan Lolak ini meminta penjelasan Bupati Hi Salihi B Mokodongan terkait adanya rencana penggusuran sejumlah rumah warga untuk perluasan pelabuhan Labuan Uki. “Ada oknum pengusaha mengatakan warga yang berada di lahan perluasan pelabuhan segera meninggalkan rumah, karena pemerintah akan melakukan penggusuran. Oknum pengusaha itu juga memberikan batas waktu satu minggu kepada warga agar segera pindah,” koar Muhammad Fajri Buhang, koordinator aksi tersebut.

Menurutnya hal itu sangat aneh, karena sampai saat ini tidak ada sosialisasi atau pemberitahuan dari pemerintah bahwa rumah warga akan digusur. “Kami meminta penjelasan dari Bapak Bupati. Ada 30 kepala keluarga (KK) yang bermukim di situ. Kalau rumah mereka digusur, mau tinggal di mana mereka,” tegas Fajri. Dia menjelaskan, jika adanya rencana penggusuran pemerintah harusnya sudah menyiapkan lahan baru untuk relokasi warga. “Jangan main-main gusur aja,” cecar Fajri. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017