IKLAN

PPK Sario Akui Saksi Paslon Nomor 1 Rusak Kotak Suara, Panwaslu Didesak Bertindak


image

Foto kotak suara di Kelurahan Sario yang dikabarkan rusak. Foto diambil dari akun facebook Yudi Sangkay

MANADO – Pengrusakan kotak suara di TPS 3 Kelurahan Sario dilakukan Yudi Sangkai dan Marvil Budiman yang diketahui saksi paslon nomor satu, Harley Mangindaan-Jemmy Asiku, siang tadi diduga kuat sebagai modus menciptakan seolah-olah terjadi kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada Manado.

Pasalnya, berdasarkan pengakuan saksi mata, Marlina Mandey dan Julia Giroth masing-masing Ketua KPPS I Kelurahan Sario dan anggota KPPS, kecurangan itu sengaja dilakukan kedua saksi Paslon nomor satu.

“Dorang cabut segel kotak suara. Ada juga kunci segel diambil. Itu kemudian dorang foto-foto lalu disebarkan di medsos seolah-olah terjadi kecurangan. Ini dorang lakukan sementara pleno berlangsung,” jelas keduanya kepada wartawan.

Ketua PPK Sario, Juliana Sukiman juga membenarkan kejadian itu. ” Iya, benar. Kronologisnya, saksi Marvil tiba-tiba mengambil kunci segel dalam amplop lalu memaksakan membuka kotak suara. Katanya dia curiga keberadaan kotak suara. Padahal saksi paslon itu tidak diperbolehkan ada dekat kotak suara. Mereka hanya menyaksikan saja,” jelas Juliana sambil menambahkan, saat kejadian disaksikan oleh pihak Panwaslu.

Jika modus Yudi dan Marvil berjalan mulus tidak diketahui pihak KPPS dan PPK, dipastikan merugikan GS Vicky Lumentut-Mor Bastiaan (GSVL-MOR), paslon yang unggul perolehan suara dalam Pilkada Manado ini.

Dimintai tanggapan kejadian ini, Wakil Ketua Timkamda GSVL-MOR, James Karinda sangat menyayangkan perstiwa tersebut. Menurut Ketua Komisi IV DPRD Sulut ini, dugaan pengrusakan kotak suara itu masuk pidana pemilu.

“Kalau benar ini terjadi, kami sangat menyayangkan. Memang kami selaku tim GSVL-MOR sangat dirugikan. Agar jangan terjadi simpang siur informasi, kami mendesak pihak Panwaslu untuk bertindak. Ini ada indikasi menciptakan kecurangan Pilkada Manado. Masuk unsur pidana pemilu,” tegas Karinda. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017