IKLAN

Pilkada Bitung, Empat Calon Independen Terancam Tidak Lolos


Suasana Pleno hasil verifikasi faktual dan Administrasi pasangan calon Perseorangan di PPK Matuari, Rabu (8/7)

Suasana Pleno hasil verifikasi faktual dan Administrasi pasangan calon Perseorangan di PPK Matuari, Rabu (8/7)

BITUNG-Rapat Pleno hasil verifikasi faktual dan administrasi pasangan calon Perseorangan atau Independen untuk Pilkada Bitung tingkat Kecamatan, digelar serentak hari ini (Rabu, 8/7).

Pantauan manadoline.com disejumlah tempat pleno, keempat pasangan calon masing-masing; Stevanus Pasuma-Jan Karundeng, Ridwan Lahia-Max Purukan, Michael Jakobus-Paulus Kumentas serta Linna Utiaracmman memiliki masalah terkait dukungan yang dimasukkan.

Dukungan ganda kepada empat pasangan calon, pemalsuan dukungan, bahkan sampai dengan nama orang yang telah meninggal dunia dimasukkan dalam dukungan. Ada juga pasangan calon yang memasukan berkas dukungan tanpa tanda tangan pendukung.

“Berdasarkan hasil Verifikasi oleh PPS, empat pasangan memiliki masalah dukungan yang sama, secara otomatis dukungan terhadap mereka berkurang banyak,” kata Hezky Goni Ketua PPK Matuari, Rabu (8/7).

Sesuai dengan Peraturan KPU tentang Pilkada serentak, apabila dukungan nya kurang dari 10%, pasangan calon tersebut wajib menambah dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

“Apabila tidak dipenuhi, maka pasangan Perseorangan terancam tidak lolos sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung,” pungkasnya. (jones)