IKLAN

Korupsi Pengadaan Barang mesin Sawmill Kota Bitung

PH Kusumanegara : Kami Minta Hak Konstitusional Dari Penyidik


Korupsi Pengadaan Barang mesin Sawmill Kota Bitung

images (3)

Rivai Kusumanegara

MANADO – Kasus dugaan korupsi pengadaan barang mesin Sawmill di Kota Bitung yang menyeret AW alias Aryan selaku Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Perindustrian RI menjadi sorotan setelah pihak penyidik tidak memberikan hak konstitusinya. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Penasehat Hukum Tersangka Rivai Kusumanegara. “kami selaku penasihat hukum berharap dilakukannya pemeriksaan terlebih dahulu terhadap saksi dan ahli a de charge yang telah dimohonkan dalam BAP Tersangka maupun surat penasihat hukum” kata Kusumanegara.

Ia juga menambahkan, bahwa hal tersebut ditujukan untuk membuat terang perkara selain juga merupakan hak konstitusional Tersangka.” Itu sudah diatur dalam pasal 65 jo 116 ayat 3 dan 4 KUHAP serta Putusan Mahkamah Konstitusi No. 65/PUU-VIII/2010. Dalam ketentuan perundangan maupun Putusan Mahkamah Konstitusi tersebut telah diatur bahwa penyidik berkewajiban memeriksa saksi maupun ahli yang diajukan Tersangka, sehingga patut kiranya dilakukan pemeriksaan dimaksud sebelum perkaranya dilimpahkan pada Penuntut Umum” lanjut Kusumanegara.

Pihaknya juga telah menghormati setiap proses yang dilakukan oleh penyidik. “Selama ini kami menghormati proses penyidikan yang sedang berlangsung termasuk langkah penahanan yang dilakukan penyidik, namun kiranya hak Tersangka pun dapat dihormati semua pihak termasuk LSM yang memonitor kasus ini. Kami memahami desakan LSM agar perkara ini segera dilimpahkan, namun kiranya dengan tidak mengabaikan hak konstitusional Tersangka” tambahnya.

Lebih lanjut, dari Pihaknya meminta agar penyidik bisa memberikan hak konstitusinal kepada AW. “Kami tidak dalam posisi menyatakan klien kami benar atau salah, biarlah proses hukum yang menjawabnya. Namun proses hukum dimaksud kiranya dapat berjalan transparan, obyektif dan tidak tergesa-gesa apalagi jika mengabaikan hak Tersangka” tutup Kusumanegara. (ekaputra)

 

Manado Fiesta 2017