IKLAN

Petani Bolmong Mulai Kesulitan Cari Pupuk


 

ilustrasi.-

ilustrasi.-

BOLMONG – Selain musim kemarau yang berkepanjangan, petani di Kabupaten Bolmong kini mulai kesulitan mendapatkan pupuk. Seperti dikeluhkan sejumlah petani di Kecamatan Lolak.

“Kebutuhan pupuk sangat mendesak saat ini. Tanaman sudah memasuki usia yang wajib diberi pupuk. Ada beberapa toko yang kami datangi mengaku stok kosong,” ujar Edi Mokodompit, petani Lolak, Minggu (30/8).

Pria itu juga menceritakan beberapa toko dan kios yang didatangi yang menjadi langganan selama ini mengalami kekosongan stok. “Kami harus mencari pupuk sampai ke luar daerah,” tambah Edi kemarin sambil berharap pemerintah melakukan penelusuran soal kelangkaan pupuk dan mencarikan solusi agar stok pupuk tetap tersedia.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Ir Taufik Mokoginta mengatakan untuk distribusi pupuk di lapangan bukan ranah instansi yang dipimpinnya. Akan tetapi pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Ia menjelaskan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, petani harus masuk dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Menurutnya, RDKK adalah pesanan kelompok tani terhadap sarana produksi pertanian dan biaya lainnya untuk satu musim tanam sebagai hasil dari musyawarah kelompok tani yang memuat jenis, jumlah, jadwal waktu yang dibutuhkan dan sumber dana untuk pembeliannya. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017