IKLAN

Kementerian Kelautan & Perikanan Ikut Turun Tangan

Perwal 57/2014: Pelaku Wisata Kuliner Wajib Miliki Tempat Sampah dan Grease Trap


Kementerian Kelautan & Perikanan Ikut Turun Tangan

Salah satu kawasan kuliner di Kota Manado

Salah satu kawasan kuliner di Kota Manado

MANADO— Bersamaan membanjirnya kunjungan masyarakat luar ke Kota Manado, menyusul terus menggemanya visi Pemerintah Kota menjadikan ibukota Provinsi Sulut ini sebagai Kota Model Ekowisata Dunia, tidak sedikit lokasi wisata kuliner menjamur di Kota Manado.

 

Berkembang pesatnya akitivtas kawasan wisata kuliner pantai dengan kehadiran sejumlah Rumah Makan (RM), Café dan Restoran ini, membuat Pemkot Manado harus mensosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 57 tahun 2014 tentang pencegahan  pencemaran dan kerusakan sumber daya ikan dan lingkungannya.

 

“Kami perlu mensosialisasikan ini sebagai upaya untuk menata kawasan kuliner pantai yang bersih dan menjaga kelestarian sumber daya ikan,’’ ungkap Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut.

 

Dalam sosialisasi yang dibuka sejak Jumat (26/6) pecan lalu oleh Asisiten II Pemkot Manado, Hi. Rum Usulu dengan difasilitasi Direktorat Pesisir dan Lautan Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, para pelaku usaha kuliner seperti pengelola cafe, rumah makan dan restoran tepi pantai, diminta wajib memiliki tempat sampah dan memasang alat perangkap lemak (grease trap) pada tempat pembuangan atau tempat cuci piring agar limbah yang keluar sudah tersaring dan tidak mencemari pantai.

 

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Kabag Hukum Setda Kota Manado, Paul Sualang dan Kasubdit Pencegahan Pencemaran Pesisir Direktorat Pesisir dan Lautan, Ir. Moh Ismail dengan peserta para perwakilan pengelola Kuliner pantai (pelaku usaha Kuliner pantai).

“Dengan Perwal ini sebagai upaya perhatian Pemkot Manado untuk menjaga kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan,’’ kata GSVL, sapaan Wali Kota Manado.

 

Ditambahkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkot Manado, Meisje Wollah, pihaknya terus berupaya dari segi pencegahan agar kelestarian sumber daya laut tetap terjaga. “Ini juga untuk menunjang Manado sebagai Kota Model Ekowisata dengan wisata Kuliner pantai yang bersih sehat indah,’’ pungkas Wollah. (antoreppy)

 

 

Manado Fiesta 2017