IKLAN

Permintaan e-KTP Sehari Ratusan Cetakkan, Disdukcapil Manado Kehabisan Stok Blangko dan Tinta


Hans Tinangon

Hans Tinangon

MANADO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado kewalahan memenuhi permintaan masyarakat melakukan cetak KTP Elektronik (e-KTP).

Pasalnya, permintaan cetakan tak sebanding dengan ketersediaan stok blangko e-KTP dan tinta ribbon (Tinta khusus e-KTP).

Dalam sehari, rata-rata mencapai 150 ke atas permintaan cetakan, bahkan pernah mencapai 200-an lebih.

Hal ini diakui Kadis Dukcapil Kota Manado, Hans Tinangon. “Memang beberapan hari terakhir petugas pelayanan kami mengalami kendala sehingga tidak maksimal dalam pelayanan oleh karena sering kehabisan stok Blanko dab tinta Ribbon,” aku Tonangon.

Kendala dalam pelayanan itu menyusul ketersediaan blangko dan tinta Ribbon tidak ada di Manado melainkan di Jakarta dan harus melalui proses tender di Ditjen DukCapil.

“Tahun ini masih dalam proses tender. Tapi kami selalu berkoordinasi dengan Ditjen DukCapil dan Biro Pemerintahan Setda Sulut,” kata Tinangon.

Sementara ini telah ditemukan solusi saling berbagi Blangko dan Tinta Ribbon e-KTP dengan Kabupaten/Kota lain di Sulut. “Kami diminta saling berbagi. Syukur mendapat pinjaman. Tapi toh mengalami kekurangan juga karena permintaan e-KTP warga Kota Manado sehari rata-rata di atas 150 cetakan bahkan di atas 200 lebih,” jelas mantan Kepala BKD Kota Manado ini.

Meski begitu, Tinangon mengaku pihaknya terlah berupaya melayani permintaan. “Rabu minggu lalu Sekretaris Dinas dan beberapa operator sudah ditugaskan ke Ditjen DukCapil Kemendagri untuk mengkonsultasikan kekurangan kekurangan ini,” katanya.

Kendati demikian, menurut Tinangon, masyarkat yang sangat membutuhkan identitas tidak usah kuatir. Tetap ada solusi yaitu dengan menerbitkan surat keterangan domisili.

“Ini sesuai UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Semoga informasi ini dapat dimaklumi dan terima kasih,” pungkas Tinango. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017