IKLAN

Perjuangkan Nasib Nelayan, Komisi B DPRD Manado Dorong Dinas KP Lobi Pemerintah Pusat


Ketua Komisi B DPRD Kota Manado, Revani Parasan.

Ketua Komisi B DPRD Kota Manado, Revani Parasan.

MANADO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, melalui Komisi B mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melobi bantuan pemerintah pusat bagi kelompok nelayan.
“Dinas Kelautan dan Perikanan Manado harus melobi bantuan untuk kelompok nelayan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), supaya bisa mendapatkan bukan hanya dana alokasi khusus (DAK) tetapi juga yang lain, ini yang kami dapatkan pada kunjungan kerja di Balikpapan, Kalimantan Timur,” kata Revani Parasan, Ketua Komisi B DPRD Manado.
Parasan mengatakan, kelompok nelayan di Manado baru mendapatkan bantuan seperti peralatan tangkap dan sarana lainnya, dengan anggaran DAK sebesar Rp 2 miliar pada tahun 2015.
“Manado memiliki 147 kelompok nelayan tangkap dan semuanya membutuhkan stimulan untuk peningkatan hasilnya, kalau bantuan tidak lengkap, maka akan sulit untuk berkembang,” jelas Parasan.
Dirinya menerangkan bahwa tahun anggaran 2014 lalu, bantuan yang disalurkan bagi nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa kapal tiga GT sebanyak tiga unit, kotak pendingan sekitar 50 buah, dan mesin katinting, dan baru bisa disalurkan pada awal 2015 karena pengadaannya baru selesai akhir tahun dan akan diserahkan kepada kelompok nelayan di Pulau Bunaken, Manado Tua, dan pesisir pantai.
Terkait dengan upaya yang maksimal pemerintah dalam memperjuangkan nasib para kelompok nelayan. Dari hasil kunjungan kerja (Kunker) Komisi B, Manado perlu mencontohi Kota Balikpapan yang berhasil memperjuangkan nasib nelayan ke Pemerintah Pusat.
Dorongan Komisi B kepada Dinas terkait, sangat beralasan pasalnya Kota Balikpapan yang hanya memiliki 47 kelompok nelayan bisa mendapatkan bantuan Rp 3 miliar di tahun 2014.
“Anggaran itu belum termasuk DAK, jadi sangat besar. Dinas Kelautan dan Perikanan harus jemput bola, melobi ke Kementerian dan kami siap untuk membantu supaya nelayan kita terbantukan,” ungkap Ravani.
Diketahui, hingga awal 2015 Kota Manado memiliki 147 kelompok nelayan yang tersebar di beberapa Kecamatan seperti Bunaken Kepulauan, Bunaken Darat, Tuminting, Sario dan Malalayang. (christian)