IKLAN

Peristiwa Patriotik di Gorontalo Bisa Jadi Agenda Tahunan Pemkot Bitung


Lukman U. Lamato, MSi

Lukman U. Lamato, MSi

BITUNG-Peristiwa berdarah mempertahankan  Merah Putih pada tanggal 23 Januari 1942 di Gorontalo, yang dikenal dengan peristiwa Patriotik, perayaannya diharapkan bisa di akomodir menjadi agenda tahunan di Kota Bitung.

“Peristiwa Patriotik tanggal 23 Januari 1942 di Gorontalo, sebuah realitas pengorbanan anak bangsa yang diwarnai dengan darah untuk merebut Kemerdekaan Republik Indonesia, mempertahankan bendera Merah Putih tetap berkibar di Bumi Gorontalo,” ungkap Lukman Lamato, Tokoh masyarakat Gorontalo di Kota Bitung kepada manadoline.com, Rabu (27/1).

Ia menjelaskan, mengenang jasa para kusuma bangsa dalam peristiwa Patriotik tersebut, masyarakat Gorontalo di Kota Bitung bekerja sama dengan IPSI Perguruan Bela Panca, pada hari Sabtu (23/1), digelar upacara peringatan 74 tahun Peristiwa Patriotik di Gorontalo bertempat di lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung. Dalam Upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Lukman Lamato, MSi dan dimeriahkan dengan atraksi Pencak Silat Perguruan Bela Panca, Marching Band serta Pagelaran Seni Budaya Gorontalo.

“Peristiwa Patriotik di Gorontalo adalah moment strategis untuk me-rekonstruksi dan mengaktualisasikan nilai Nasionalisme, Patriotisme, Persatuan dan Kesatuan, serta pengorbanan dalam bingkai NKRI disetiap gerak juang anak bangsa untuk menjadi pioner Kerukunan dan Persatuan ditengah Pluralisme,” jelas Lamato.

Ia menambahkan, hal ini sejalan dengan harapan DR. Sinyo Hary Sarundajang. SHS berharap lewat peringatan Peristiwa Patriotik di Gorontalo, mampu merefleksikan makna Nasionalisme, Patriotisme dan Persatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika untuk membangun bangsa dan negara RI tercinta. Memantapkan eksistensi dan komitmen masyarakat Gorontalo di Kota Bitung, sebagai pelaku dalam membangun bangsa dengan Spirit Berbudaya dan Berdaya Saing.

“Ini harapan SHS, sebenarnya Beliau berkeinginan untuk hadir dalam upacara tersebut, tetapi karena ada urusan penting di Jakarta, maka mantan Gubernur Sulut dua periode yang juga mantan Walikota Bitung berharap, lewat peringatan ini akan Memotivasi generasi muda untuk meningkatkan kualitas SDM masuk dalam kompetisi globlal, Pioner Kerukunan ditengah pluralis, serta berharap Pemkot Bitung bisa mengakomodir peringatan Peristiwa Patriotik di Gorontalo menjadi agenda tahunan karena berpotensi menarik simpati para wisatawan,” ujar Lamato. (jones)

 

Manado Fiesta 2017