IKLAN

Periset UGM Bidik Energi Panas Bumi Lehendong


Wakil Gubernur Sulut, Dr Djouhari Kansil saat menerima kedatangan  Rektor UGM, Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, Ph D

Wakil Gubernur Sulut, Dr Djouhari Kansil saat menerima kedatangan
Rektor UGM, Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, Ph D

MANADO – Universitas Gajah Mada (UGM) akan melaksanakan riset terkait energi panas bumi atau geothermal yang ada di wilayah Sulawesi Utara. Penelitian ini masuk dalam kegiatan UGM Cared Program yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat berjudul geothermal energy for green, sustainable development and community prosperty in eastern indonesia.

Rombongan tim penelliti UGM bertemu Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil guna membicarakan maksud dan tujuan pelaksaan riset di wilayah Sulut, Selasa (3/3). Tim peneliti dipimpin langsung Rektor UGM Prof Ir. Dwikorita Karnawati,Msc,Ph.d,   hadir juga development counsellor at New Zealand embassy-Jakarta Mr. Philip Hewitt.

Kunjungan tim riset UGM diharapkan dapat membantu pembangunan Sulawesi Utara dan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada di Sulut. Selain itu, energi geothermal atau panas bumi memiliki potensi besar di Sulut dan perlu dikembangkan untuk kepentingan masyarakat.

Tim peneliti UGM ini akan mengunjungi daerah panas bumi di Lahendong dan diharapkan, melalui riset ini, dapat dihasilkan banyak manfaat bagi kepentingan bersama. Rektor UGM juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah membuka diri dan membantu untuk riset ini.

Energi geothermal, kata Rektor UGM Karnawati, merupakan energi masa depan yang baik bagi masyarakat. Pihaknya akan mempelajari keadaan panas bumi yang ada di wilayah Lahendong dan sekitarnya. Melalui riset ini juga, pihaknya akan mengedukasi masyarakat bahwa energi panas bumi memiliki potensi baik, dan aman bagi kehidupan masyarakat. Juga  bagaimana masyarakat tetap aman di area panas bumi dan meyakinkan masyarakat, bahwa daerah geothermal bukan daerah yang menakutkan untuk kehidupan. (anto reppy/mym)