IKLAN

Peringati Hari Pancasila, Rutan Kelas IIA Manado Gelar Upacara


RUTAN Kelas IIA Manado, menggelar upacara Hari Lahir Pancasila. (foto: red)

MANADO – Petugas pemasyarakatan dan warga binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, menggelar kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, di lapangan Rutan Manado, Kamis (01/06/17).

Dalam upacara tersebut, Kepala Satuan (Kasat) Pengamanan Rutan Sonny Gumansalangi bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri sedikitnya 30 petugas pemasyarakatan serta 490 Warga Binaan.

Gumansalangi membacakan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kegiatan upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila memiliki tujuan yang kuat guna mengukuhkan komitmen masyarakat.

Upacara bendera dalam rangka Hari Lahir Pancasila, di Rutan Kelas IIA Manado. (foto: red)

Makmur saat membacakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Upacara Hari Lahir Pancasila memiliki tujuan yang kuat agar masyarakat dapat lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

“Rumusan Pancasila adalah jiwa besar para Founding Fathers dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara. Sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” kata Gumansalangi.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote dengan berbagai etnis bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhineka Tunggal Ika.

Petugas Pemasyarakatan Rutan Kelas IIA Manado, dalam upacara Hari Lahir Pancasila. (foto: red)

Indonesia perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, Indonesia bisa terhindar dari masalah tersebut. Rakyat Indonesia bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri.

“Jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari bersikap santun, saling menghormati dan saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Selamat hari Pancasila, kita Indonesia, kita Pancasila,” pungkasnya. (red)