IKLAN

Periksa Mata Gratis di Rutan Manado


 Ervina, salah satu Petugas Pemasyarakatan menjalani pemeriksaan mta dari dari dokter Reinhard Rompis

Ervina, salah satu Petugas Pemasyarakatan menjalani pemeriksaan mta dari dari dokter Reinhard Rompis

MANADO – Sebanyak 200 warga yang terdiri dari Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Manado ambil bagian dalam pemeriksaan mata gratis, Jumat (24/06).

Hajatan lewat kerjsasama antara Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Provinsi Sulut dan Rutan Manado itu juga dibagikan kacamata gratis kepada Petugas Rutan dan WBP yang hasil pemeriksaan matanya sudah harus menggunakan kacamata.

‘’Ini merupakan agenda rutin. Untuk Rutan memang baru pertama kali kami lalukan. Sesuai agenda, akan dilakukan dua kali,’’ ujar dr Reinhard Rompis, koordinator pemeriksaan gratis dar BKMM di Rutan Manado.

Baik Petugas Rutan maupun WBP terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan yang dipantau langsung oleh Kepala Rumah Tahanan Klas IIA Manado, Akhmad Zaenal Fikri, tersebut.

Pejabat teras, Kasie Pengelolaan Arjun Juma Okong, Kasie Pelayanan Tahanan, Fery Audy Ngayow dan Kepala Pengamanan Rutan, Sonny Gumansalangi tampak menjalani pemeriksaan mata yang dipusatkan di Aula Rutan di bilangan Malendeng itu.

‘’Semua kegiatan yang menyentuh dan bermanfaat untuk Rutan tentu kami apresiasikan dan harus didukung penuh,’’ ujar Fikri.

Dari BKMM sendiri menerjunkan 4 stafnya dalam pemeriksaan kali ini. Juga hadir dr Hendrik Wantah yang sehari-hari bertugas di Poliklinik di Lapas Tuminting, Manado.

‘’Sebelum ke Malendeng, kami juga sudah melayani di Lapas Tuminting. Pelayanan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis ini memang rutin kami lakukan, ‘’ kata dr Rein –sapaan akrab dokter Reinhard.

Sementara itu, Jopi Jaap Poluan, salah seorang WBP mengaku sejak lama belum melakukan pemeriksaan mata. ‘’Jadi, ini merupakan langkah yang baik,’’ ujar pria 65 tahun itu. (Christ)