IKLAN

Periksa Keuangan, Inspektorat Kotamobagu ‘Masuk Keluar’ SKPD


 

Alex Saranaung, Kepala Inspektorat Pemkot Kotamobagu. (f-yoan/manadoline)

Alex Saranaung, Kepala Inspektorat Pemkot Kotamobagu. (f-yoan/manadoline)

KOTAMOBAGU – Secara berkala Inspektorat Pemkot Kotamobagu terus melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan hingga tanggal 9 September 2015 nanti. Inspektorat tak main-main dalam pemeriksaan keuangan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Saat menemukan ada kejanggalan dalam berkas keuangan, bisa saja inspektorat menetapkan sebagai tuntutan ganti rugi (TGR). “Itu jika temuannya secara materil,” ujar Kepala Inspektorat, Alex Saranaung SP MSi, siang kemarin.

Lanjutnya, SKPD tertentu yang sudah ditetapkan TGR akan tak semata-mata langsung ditindak. Masih diberi waktu selama 60 hari untuk segera menyelesaikannya.

Sementara pada Senin 1 September 2015 tim inspektorat terlihat di Bagian Humas. Semua berkas diperiksa, petugas humas ikut melengkapi permintaan berkas dari tim tersebut.

“Jika tidak maka akan diterbitkan sebuah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), yang intinya bersangkutan menyatakan bahwa memiliki utang dan siap untuk bertanggung jawab,” ungkapnya.

Dalam SPTJM tersebut akan diberikan waktu penyelesaiannya. “Tergantung besaran jumlah TGR, jika hanya satu juta rupiah tak mungkin membutuhkan waktu sampai dua bulan. Jadi sesuai besaran,”

Dikatakannya, jika tidak ada usaha untuk penggantian maka akan diberikan teguran sampai tiga kali. “Jika tidak lagi maka proses akan segera dilimpahkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH),” ujarnya sambil menyebut selama ini tidak ada yang sampai diproses aparat hukum. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017