IKLAN

Penyaluran Raskin 13 dan 14, Dinilai Rawan Penyimpangan


F-RaskinBITUNG-Penyaluran 4.832.670 kg Beras Miskin (Raskin) bulan 13 dan 14 tahun 2015 untuk 161.089 Rumah Tangga (RT) sasaran yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara, dinilai rawan penyimpangan. Hal ini dikatakan oleh Jimmy Kawengian, Pemerhati Sosial Kota Bitung kepada manadoline.com, Minggu (4/10).

“Penyaluran Raskin 13 dan 14 tahun 2015, sangat rawan penyimpangan, untuk itu semua pihak yang terkait bisa melakukan pengawasan ketat dilapangan sehingga bisa tepat sasaran sesuai dengan data yang ada,” kata Kawengian.

Raskin bagi rakyat yang berpendapatan rendah, jangan sampai dijadikan komiditi bisnis oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab, hanya untuk memperkaya diri sendiri. Raskin adalah hak masyarakat, bukan untuk kepentingan segelintir orang atau pihak tertentu .

“Apalagi ditahun politik, tahun Pilkada serentak, jangan sampai Raskin dijadikan komiditi politik untuk pasangan calon tertentu demi kepentingan politik, ini perlu diwaspadai dan diawasi secara oleh semua pihak termasuk penegak hukum dan juga masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Ia menambahkan, proses penyaluran Raskin mulai dari Dolog sampai pembagian kepada yang berhak mendapatkannya harus diawasi, sehingga tidak ada beras yang ‘tercecer’ di perjalanan. (jones)

 

Manado Fiesta 2017