IKLAN

KOMISI 4 SIAP 'KULITI' WAGUB SULUT

Pengelolaan Taman Laut Bunaken Alami Kebocoran 1,3 Miliar


KOMISI 4 SIAP 'KULITI' WAGUB SULUT

20150617_130214MANADO-Komisi 4 DPRD Sulut menduga ada dugaan kebocoran pemasukan kas daerah terhadap Pengelolaan Taman Laut Bunaken beberapa tahun terakhir ini.

Dan untuk membuktikanya, Komisi 4 yang diketuai James Karinda memanggil hearing Dinas Pariwisata Pemprov Sulut, Balai Pengelola Taman Laut Bunaken dan Dewan Pengelola Taman Laut Bunaken.
Nah, dari hearing ini terungkap jika memang diduga terjadi kebocoran pemasukan pendapatan terhadap pengelolaan Taman Laut Bunaken. Ini dibuktikan pada tahun 2014 pendapatan yang didapat hanya sebesar Rp 800-an padahal pada tahun 2014 itu turis asing yang datang ke Bunaken mencapai 5000. Seharusnya dari jumlah turis tersebut pemasukan yang bisa didapat sebesar Rp 1,3 miliar.

Sementara itu, dr. Boyke Toloh sebagai Direktur Eksekutif Dewan Pengelola Taman Nasional menyatakan terjadinya penurunan pendapatan atas pengelolaan Taman Laut Bunaken karena adanya  dualisme pengelolaan yang membingungkan wisatawan untuk membayar.

“Balai bekerja sesuai PP dan kami DPTNB sesuai Perda, turis masuk tidak tertagih. Nah, itulah yang terjadi bukan kebocoran," papar Toloh.

Komisi 4 melalui ketua komisi James Karinda berjanji akan mengkoordinasikan permasalahan pengelolaan Bunaken dengan Ketua DPTNB, Wagub Djouhari Kansil sebagai Ketua DPTNB. (mom)