IKLAN

Sangat Penting Untuk Perbaiki Kinerja Pemerintah Kota Manado

Pengamat: Setuju Jabatan Pala Dilelang, Kedepan Pejabatnya Juga


Sangat Penting Untuk Perbaiki Kinerja Pemerintah Kota Manado

Ferry Liando

Ferry Liando

MANADO—Terobosan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut yang akan melakukan lelang jabatan para Kepala Lingkungan (Pala) se Kota Manado mulai tahun 2015, mendapat apresiasi positif kalangan akademisi.
Lelang jabatan ini telah diatur dalam Perwako nomor 18 tahun 2007 setelah sebelum jabatan Pala diangkat melalui SK Camat atas usul Lurah. “Lelang jabatan sangat penting agar pejabat yg diangkat benar-benar punya kemampuan kerja dan memiliki integritas,’’ tandas Ferry Liando.
Selama ini, menurut Liando yang juga dikenal sebagai Pengamat Politik dan Pemerintahan, banyak pejabat yang diangkat tidak memenuhi unsur tersebut karena ada kolusi atau hubungan kekerabatan dan balas jasa politik.
“Ini mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat sangat buruk. Lelang jabatan diharapkan lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ ujarnya. Meski begitu, dia mengusulkan kebijakan lelang jabatan itu dilakukan oleh tim independen. “Kalau tidak, lelang jabatan itu tidak bermanfaat jika tim seleksinya tidak independen,’’ kata Liando sembari menambahkan tim seleksi harus di luar struktur pemerintahan dan harus memiliki integritas.
“Namun lelang jabatan akan tetap memiliki tantangan yaitu pejabat yang terpilih meski punya kemampuan dan berintegritas tetapi belum tentu memiliki loyalitas terhadap atasan,’’ ujarnya.
Sebab, Loyalitas ini bisa bermasalah karena yang terpilih bukan diangkat oleh atasan tetapi oleh pihak lain. Pengalaman selama ini, masalah di pemerintahan karena tidak adanya loyalitas bawahan terhadap atasan. Bawahan itu sebagai pelaksana teknis atas program-program dari atasan. “Sebagus apapun program dari atasan, namun jika bawahan tidak melaksanakan dengan baik, maka program itu akan bermasalah,’’ kata Liando.
Sekadar diketahui, lelang jabatan ini sebelumnya telah dicanangkan Presiden Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih. Langkah inipun diadopsi Wali Kota Lumentut. Hanya saja, Pemkot Manado memberlakukan lelang jabatan ini mulai dari Pala. Tak menutup kemungkinan kedepan ini berlaku juga untuk jabatan Lurah, Camat hingga pejabat eselon 2. Lelang jabatan ini salah satu implementasi dari UU Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tenaga non PNS. “Nah, saya melihat apa yang dilakukan Wali Kota Manado ini, terlepas dari apakah itu efektif atau tidak. Namun kelihatan ada niatan dari Pemkot Manado memperbaiki kinerja pemerintahan,’’ pungkas Liando. (anre)