IKLAN

Pengadilan Negeri Manado Resmi Gelar Sidang Korupsi Dana MaMi Bolmut


image_32_sidang

Ilustrasi Sidang

MANADO — Pengadilan Negeri Manado akhirnya menggelar Sidang dugaan Korupsi penyalagunaan anggaran dan APBN makan dan minum fiktif di Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara tahun 2012 pada Senin (22/2). Bendahara Pembantu Iyam Zubair Mardini Yusuf resmi menjadi terdakwa dalam sidang tersebut.

Dihadapan Ketua Majelis Hakim Halidja, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Arief Kanahau, mendakwa Tersangka dengan korupsi yang mengakibatkan kerugian Negara mencapai Rp2,7 miliar yang sudah mulai diusut Polda semenjak 2013 silam. Dalam dakwaan yang dibaca JPU, proses penyelidikan tersebut, penyidik Tipikor Polda Sulut sempat memanggil sejumlah pihak-pihak terkait guna memberikan keterangan. “Awal dari pengusutan kasus ini berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulut, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2012 Pemkab Bolmut” kata JPU dalam Dakwaannya. Atas kejanggalan tersebut, pihak BPK akhirnya memberikan penilaian opini Disclaimer.

Terdakwa telah didakwa melakukan tindak pidana korupsi sebagaima dalam dakwaan pasal 9 Jo. Psal 18 Undang-Undangnomor 31 tahun 1999tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang nomor 20 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 31tahun 1999tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) kw-1 KUHPindang. (ekaputra)

 

Manado Fiesta 2017