IKLAN

Pengadilan Negeri Manado Kembali Gelar Sidang Tipikor DAK Sitaro


Sidang kasus DAK Sitaro, yang digelar di Pengadilan Tipikor Manado

Sidang kasus DAK Sitaro, yang digelar di Pengadilan Tipikor Manado

MANADO – Sidang yang diketuai oleh Hakim Darius Naftali SH ini mendatangkan 7 saksi yaitu, Weldan Taghulighi (20), Charles Kansil (50), Intra Eldiwatu Dotulong (56), Nona Lahengke (69), Norani Singale (70), Rudol Takahindangeng (80) dan Yane Sasampe dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Manado pada selasa (1/12).

Pada sidang tersebut, para saksi beberapa kali menyebut nama eks Kadis Dikpora berinisial SWK alias Kathiandago, yang kini menjabat Kepala Dinas Pariwisata Sitaro, karena diduga turut ambil bagian dalam dugaan penyelewengan dana DAK tersebut.

“Ada 12 persen dari anggaran pembuatan bilik salah satu sekolah diberikan ke kadis. Tapi, kadis menyuruh untuk diberikan kepada Sekretaris Dikpora DK alias Deny selaku Sekretaris Dikpora Kabupaten Sitaro,” kata salah satu saksi dan dibenarkan oleh saksi lainnya.

Lain halnya dengan saksi Kasubbag Keuangan Dikpora, dirinya mengakui ada sekitar 50 juta rupiah yang diberikan para kepsek di Sitaro, sebagai uang terimakasih.

“Memang benar uang 50 juta rupiah tersebut kami hitung di ruangan pak sekretaris (Deny), dan seterusnya saya sudah tidak tahu ada dimana uang tersebut,” akunya seraya mengatakan dirinya lupa nama kepsek yang berikan uang terimakasih tersebut. “Kita lihat saja perkembangan sidang ini nanti karena masih banyak saksi yang akan kami panggil, yakni sekira tiga puluhan saksi,”aku Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pery Kurnia SH didampingi JPU Agustian Sunariyo SH.

Ketukan palu Hakimpun, menandakan sidang telah berakhir. Sidang dalam tahap pemeriksaan saksi yang menyeret dua oknum pejabat Pemkab Sitaro ini yakni JAP alias Jayen, mantan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang kini menjabat sebagai Camat Siau Barat serta DK selaku Sekretaris Dikpora Kabupaten Sitaro ini dan rencananya sidang akan dilanjutkan pada Selasa 15 dan Kamis 17 Desember mendatang.(ekaputra)