IKLAN

Pemuda Katolik Suluttenggo: Kasihan Wali Kota, Korban Politisasi Penyaluran Bantuan Bencana


Alexander Mallese

Alexander Mallese

MANADO—Polemik penyaluran bantuan terhadap warga korban bencana banjir dan tanah longsor Manado 15 Januari lalu, ikut menggelitik Korwil Pemuda Katolik, Suluttenggo, Alexander Mallese.
Dia pun menanggapi sejumlah tudingan yang dialamatkan kepada Wali Kota, Vicky Lumentut.
Menurut Mallese, amplop berisikan dana bantuan yang dibagikan kepada warga korban bencana bertulisan GS Vicky Lumentut sebagai Wali Kota Manado tak usah dipolemikan kerena itu murni janji Pemkot Manado yang sempat tertunda.
“Saya menilai bantuan ini telah dipolitisir. Yang kasihan Wali Kota. Pemkot murni menyalurkan bantuan, tapi pak Wali-nya yang jadi korban politisasi,’’ ujar Mallese.
Lagi pula menurutnya, warga korban bencana yang menerima bantuan itu tidak mempolemikan. “Dari sisi ini kan sudah kentara ada yang mensetting isu ini,’’ tandasnya.
Mallese sendiri mengaku tidak membela Wali Kota atau siapa. Tapi dirinya melihat secara professional. “Dana itu kan sudah tertata dalam APBD. Dan dari jauh hari Wali Kota sudah janjikan kepada warga korban bencana. Bahkan telah diperjuangkan sampai Rp3,6 juta pe rumah,’’ ujarnya.
Untuk itu dirinya meminta, masalah ini tak perlu dibesar-besarkan. Sebaliknya, Wali Kota diharapkan tidak termakan isu politisasi dalam penyaluran bencana tersebut. “Yah, begitulah kalau mendekati Pilwako Manado. Dan wajar kalau Pak Vicky jadi sasaran karena beliau Wali Kota. Yang penting, itu murni bantuan.” Pungkas Mallese. (anre)