IKLAN

Pemprov Sulut Genjot MenLHK Seriusi Bunaken dan Sektor Kelistrikan


melakukan pertemuan dengan Meteri Lingkungan Hidup dan Kehutan (LHK) di Kantor Kementerian LHK Gedung Manggala Wana Bakti Blog 1 Lantai 2 Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Kamis (15/09) kemarin.

Gubernur Sulut saat lakukan pertemuan dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Kantor Kementerian LHK Gedung Manggala Wana Bakti Blog 1 Lantai 2 Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Kamis (15/9) (foto:Ist)

JAKARTA-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengungkapkan kondisi terkini yang harus mendapat perhatian dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Kamis (15/9).

Olly menguraikan panjang lebar kondisi terkini tentang Bunaken, pertambamgan dan status lahan dari beberapa program strategis terkait dengan kelistrikan di Sulut.

Soal Bunaken, menginginkan adanya pembaruan sistem dan kelembagaan pengelolaan Taman Nasional Bunaken (TNB).

Sementara menyankut pemberian IUP baru akan diperiksa lebih ketat termasuk kontrak karya pertambangan yang sudah ada. Terkait status lahan dari rencana PLTA baru yang masuk kawasan hutan agar dapat diijinkan oleh Ibu Menteri,”ungkap Olly.

Ia menambahkan, akan menghindari pengembangan pembangkit listrik yang menggunakan sumber panas bumi (Pabum) terutama yang terletak di kawasan konserfasi.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya langsung memberikan respons dengan cepat sekaligus akan melakukan evaluasi langsung di lapangan terhadap pengelolaan Bunaken.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo juga secara khusus menyebut Sulut dan Bunaken untuk diberi perhatian khusus Kementerian yang dipimpinnya.

“Saya sendiri mendukung penuh upaya dan langkah-langkah strategis dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulut karena tujuannya tak lain dalam upaya mensejahterakan rakyat,”kunci Ibu Menteri yang juga mantan Sekjen Kemendagri ini.
(srikandi/hm)