IKLAN

Pemkot Matangkan Persiapan Pembongkaran Lahan eks HGU


Sekretaris Daerah Kota Bitung saat memimpin Rapat

Sekretaris Daerah Kota Bitung saat memimpin Rapat Penanganan Masalah KEK

BITUNG-Bertempat di Ruang Sidang Lt.IV Kantor Walikota Bitung, Jumat (29/1), Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, MSi didampingi Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bitung Steven Tuwaidan dan Kadisperindag Provinsi Sulut Jenny Karouw, memimpin jalannya Rapat Penanganan Masalah Lahan KEK dan Proses Pembongkaran lahan eks HGU yang diperuntukan untuk KEK di Kelurahan Tanjung Merah Kecamatan Matuari.

Rapat diawali dengan paparan singkat tentang aturan perundang-undangan yang mengatur tentang pelaksanaan  KEK di Kota Bitung serta lahan yang akan digunakan untuk pembangunan mega proyek tersebut. Humiang dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang dampak KEK bagi pembangunan kota Bitung, yang mana akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat kota Bitung itu sendiri.

“Rapat ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi pada tanggal 22 Januari tahun 2016 di ruang Tribrata Mapolda Sulut tentang Kesiapan secara teknis dan taktis pembongkaran bangunan pada tanah negara yang diperuntukan  sebagai kawasan ekonomi khusus di Kelurahan Tanjung Merah Kecamatan Matuari kota Bitung bersama Instansi terkait,” tutur Humiang

Ia menambahkan, langkah-langkah yang ditempuh pemerintah sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan dan sangat berharap kepada masyarakat untuk memahami hal ini, karena pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus secara otomatis mampu meminimalisir angka pengangguran di kota Bitung.
“KEK akan membuka lapangan pekerjaan, hanya saja ada sedikit kendala terkait lahan yang masih dihuni oleh kelompok MASATA yang merupakan tanah negara dimana peruntukannya sudah jelas bagi pembangunan KEK,” pungkasnya. (jones)