IKLAN

Pemkot Enggan Bongkar Bangunan Milik Pengusaha Tak Ber-IMB


Ketua LP3K Kota Manado, Albert Wales.

Ketua LP3K Kota Manado, Albert Wales.

MANADO – Maraknya bangunan milik para pengusaha yang tidak mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Manado, membuat Lembaga Pemantau Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan (LP3K) Kota Manado angkat bicara.

Melalui Ketuanya Albert Wales mengatakan, banyaknya bangunan milik pengusaha, prosesnya pembangunannya hampis selesai, kendati mereka tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) tapi tidak kunjung ditertibkan dan dibongkar oleh pihak pemerintah.

“Ini patut dipertanyakan. Ratusan rumah warga kampung Bobo, Ranomuut telah dibongkar pemerintah tanpa ampun. Alasannya, karena tidak memiliki IMB. Sementara, bangunan milik para pengusaha yang tidak mengantongi IMB, tidak ada tindakan,” kata Wales, kepada wartawan manadoline.com, Sabtu (29/08).

Gerai Indomaret

Gerai Indomaret

Salah satu contoh, bangunan indomaret di kawasan megamas yang ternyata tidak memiliki IMB, tapi dibiarkan oleh pemerintah. “Bangunan indomaret sudah selesai, bahkan sudah beroperasi tapi kenapa pemerintah biarkan, kenapa tidak dibongkar, ada apa ini…” ungkapnya dengan nada heran.

Dirinya menduga pihak Distakot sedang menunggu deal dengan pihak indomaret, agar bangunan tersebut tidak ditutup dan dibongkar. “Bisa saja, pemerintah menunggu deal dengan pihak indomaret, sambil menunggu pengurusan IMB-nya selesai,” sindirnya.

Wales juga mencurigai, masih banyak bangunan milik para pengusaha yang tidak mengantongi IMB di daerah ini, tapi tidak dieksekusi. “Mungkin akan sama dengan indomaret, tunggu deal. Pemerintah mulai tidak adil, rumah warga yang katanya tidak ber-IMB dibongkar sementara milik pengusaha dibiarkan,” pungkasnya. (christian)

 

Manado Fiesta 2017