IKLAN

Pemkot Bitung Gelar Lomba Antar Kelurahan


hanny sondakh 1BITUNG-Lomba antar Kelurahan mencari yang terbaik untuk mewakili Kota Bitung ditingkat Provinsi mulai digelar oleh Pemerintah Kota Bitung. Walikota Bitung Hanny Sondakh, Kamis (16/4), menghimbau agar lomba tersebut dapat berjalan dengan baik secara terarah dan terkoordinasi sehingga dapat meningkatkan keberhasilan pembangunan.

 

“Tim Penilai dapat menilai secara obyektif, fair, ciptakan persaingan yang sehat agar memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan pada semua pihak.
selain itu, para Camat dan Lurah diharapkan dapat mempersiapkan degan sebaik-baiknya berbagai prospek yang menjadi acuan dalam penilaian agar Kelurahan dan perangkatnya terlihat semakin berkualitas serta lebih berwibawa,“ kata Sondakh.

 

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bitung Rahel Rotinsulu SSTP, MSI, menyampaikan pelaksanaan Kegitan Lomba kelurahan ini Berdasarkan Permendagri No 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, maka dilaksanakan perlombaan Kelurahan mulai dari tingkat Kecamatan hingga ke tingkat pusat dan didukung oleh SK Walikota Bitung No 48 Tahun 2015 tentang Pembentukan Tim Penilai Perlombaan Kelurahan tingkat Kota Bitung Tahun 2015.

 

Kegitan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta untuk meningkatkan kualitas kelurahan di kota Bitung dan yang menjadi unsur penilaian meliputi orbitasi wilayah, pendidikan dan ekonomi masyarakat, kesehatan masyarakat dan lingkungan, kamtibmas dan partisipasi masyarakat, kelembagaan. Sedangkan Tim Penilai adalah lintas SKPD yakni unsur BPMPK, BKKBD, BLH, Kesehatan, Dikbud, Bgn Pemerintahan dan Hukum serta TP PKK.
Adapun Kelurahan yang akan mewakili kecamatan untuk tingkat Kota Bitung hasil seleksi lalu adalah kelurahan karondoran (kecamatan Ranowulu), Tendeki (Kecamatan Matuari), Girian Weru 1 (Kecamatan Girian), Posokan (Kecamatan Lembeh Utara), Tandurusa (Kecamatan Aertembaga), Pakadoodan (Kecamatan Maesa), Madidir Ure (Kecamatan Madidir), Pasir Panjang (Lembeh Selatan).

 

“Tentunya dari hasil Lomba tingkat kelurahan ini nantinya akan saring untuk dilombakan dalam tingkat Kota Bitung untuk mencari yang terbaik dan nantinya akan diutus pada perlombaan Tingkat Provinsi. “ jelas Rotinsulu. (jones)