IKLAN

Pemkot Bitung Gelar Festival Seni Budaya


(Sekot Bitung Audy Pangemanan mengalungkan tanda peserta dimulainya Festival Seni Budaya)

 

BITUNG – Untuk lebih menumbuhkan kecintaan terhadap budaya lokal, serta peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, Pemkot Bitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar fertiva Seni dan Budaya. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Bitung, Julius Ondang.

Menurut Ondang, kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), serta untuk lebih memperkenalkan budaya daerah kepada siswa-siswi. “Kegiatan ini, sengaja dipusatkan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Kota Bitung dan memperlombakan tarian Masamper, tarian Maengket, Kolintang dan Pidato Bahasa Daerah,” ungkap Ondang.

Sekretaris Daerah Pemkot Bitung Audy Pangemanan didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung Rini Pangemanan Tinangon, dalam sambutannya saat membuka Festival Seni dan Budaya, pada Kamis (18/05/2017), mengatakan, ini pertama kali dilakukan yang tujuannya untuk lebih memperkenalkan seni budaya daerah kepada anak-anak sejak dini. “Kegiatan Seni dan Budaya ini baru pertama kali dilakukan di tahun ini, animonya sangat luar biasa karena masyarakat merindukan kegiatan-kegiatan seperti ini ada di Kota Bitung. Tidak hanya masyarakat lokal, tetapi wisatawan yang adanjuga ingin lebih mengenal seni dan budaya di daerah ini,” kata Pangemanan.

Sekot berharap, kegiatan tersebut sering dilakukan, sehingga dapat menarik wisatawan lokal dan asing serta menjadi sarana hiburan yang mendidik bagi masyarakat. “Bisa dibayangkan jika anak-anak, generasi muda Kota Bitung disibukan dengan acara-acara budaya seperti ini, maka akan menekan bahkan menghilangkan kegiatan negatif di kalangan anak muda. Bahkan dapat dipastikan sebagai orang tua, keluarga bahkan pemerintah akan merasa bangga,” tutupnya.(hry)