IKLAN

Pemkab Mitra Segera Bagikan 104 Alat Pertanian Pada Poktan


image

Elly Sangian

MITRA — Petani di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bakal kebanjiran bantuan alat pertanian. Tahap pertama pemerintah akan memberikan bantuan, 52 pemipil jagung, 40 perontok padi, 10 hand tractor, 2 pompa air dengan total 104 alat pertanian.

“104 alat pertanian akan kita bagikan untuk para kelompok tani,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Ir Elly Sangian ME.
Menurutnya, bantuan tersebut akan diberikan kekelompok tani (Poktan) yang berhak menerima bantuan dan sudah lolos tahap verifikasi. “Satu kelompok akan terima satu jenis alat pertanian. Dan kelompok penerima alat nanti, dipastikan sudah lolos tahap verifikasi,” kata Sangian.

Dia menambahkan, bantuan alat pertanian tersebut merupakan tahap awal, karena total bantuan alat pertanian yang akan diberikan berkisar 200 unit. “Ini baru tahap permulaan. Total keseluruhan alat pertanian sekira 200an. Namun sisanya akan diberikan nanti dalam tahap selanjutnya,” tambahnya.

Sangian menjelaskan, bantuan tersebut merupakan kepedulian Bupati James Sumendap dan Wakil Ronald Kandoli kepada para petani. Mengingat pekerjaan masyarakat Mitra mayoritas adalah petani.

“Bantuan tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian bupati dan wakil untuk memajukan bidang pertanian di Mitra. Karena mayoritas masyarakat di Mitra bekerja sebagai petani,” ungkapnya.

Sementara itu, alat pertanian nanti akan diserahkan langsung secara simbolis oleh bupati JS pada waktu dekat ini.
“Kita tinggal menunggu alat-alatnya tiba, dan akan diserahkan langsung oleh bupati. Kita usahakan, tidak lewat bulan Juni ini,” pungkas Sangian. (fensen)