IKLAN

Pemkab Mitra Laksanakan Gerakan Tanam Padi Serentak, Wujud Kepedulian Program Nasional


Asisten II Robby Ngongoloy didampingi Kadistanak Elly Sangian menguji coba alat pertanian yang akan disalurkan kepada para kelompok tani, di kawasan persawahan desa Tababo, Senin (19/9)

Asisten II Robby Ngongoloy didampingi Kadistanak Elly Sangian menguji coba alat pertanian yang akan disalurkan kepada para kelompok tani, di kawasan persawahan desa Tababo, Senin (19/9)

BELANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) bersama dengan TNI AD melaksanakan program ‘Gerakan Tanam Padi Serentak’ di lokasi cetak sawah baru yang berada di Desa Tababo Kecamatan Belang, Senin (19/9).

Asisten II Robby Ngongoloy mewakili Bupati James Sumendap SH mengatakan, kegiatan tersebut adalah bagian dari program nasional untuk menyukseskan swasembada pangan.

“Kegiatan ini merupkan program nasional, jadi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara juga harus menyukseskan akan program ini,” kata Ngongoloy.

Selain itu Ngongoloy juga mengungkapkan, Pemkab Mitra juga merasa bertanggungjawab untuk peningkatan produksi padi.

“Pemkab Minahasa Tenggara juga mempunyai tanggungjawab dalam program ini, karena ini akan berdampak pada peningkatan produksi padi di daerah kita,” ungkapnya.

Lanjut Ngongoloy menyatakan, Pemkab Mitra terus memberi perhatian terkait sektor pertanian dengan menambah anggaran setiap tahun, karena menurutnya sektor pertanian merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Setiap tahun anggaran untuk pertanian khususnya untuk peningkatan produksi padi terus meningkat sehingga para petani bisa mendapatkan bibit secara gratis, alat-alat pertanian, termasuk infrastruktur pendukung seperti saluran irigasi,” terangnya seraya menambahkan Pemkab Mitra turut memfasilitasi proses cetak sawah baru yang mendapatkan dukungan dari pihak TNI.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Elly Sangian mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan program yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Selain penanaman padi, pada kegiatan ini juga kita menyerahkan bantuan serta uji coba alat-alat pertanian yang diberikan kepada para kelompok tani yang merupakan bagian dari kepedulian Bupati bagi para petani,” katanya. (fensen)