IKLAN

Pemkab Bolmong Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-87


 

Gelaran Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Kabupaten Bolmong. (f-humas bm)

Gelaran Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Kabupaten Bolmong. (f-humas bm)

BOLMONG – Pemkab Bolmong menggelar upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di halaman kantor bupati, Kota Lolak, Rabu (28/10).

Upacara berlangsung khidmat dipimpin Bupati Hi Salihi B. Mokodongan selaku irup dan dihadiri Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Kajari Kotamobagu, Wabup Yanny Ronny Tuuk STh MM, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolmong, Plt Sekkab Drs Ashari Sugeha, para asisten, kepala SKPD, PNS lingkup Pemkab Bolmong serta para pelajar SMA/SMK.

Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2015 ini mengambil tema “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Bumi”.

Bupati Salihi dalam amanatnya membacakan sambutan Menpora mengatakan, saat ini kita diperhadapkan dua hal, yaitu Pertama, fenomena berubahnya pola kesadaran masyarakat, akibat arus modernisasi dan kemajuan TI.

Pesatnya perkembangan TI, ibarat pisau bermata dua, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan.
Namun disisi lain membawa dampak negatif informasi yang bersifat destruktif, dengan mudah tanpa terbendung.

Akibatnya lahir generasi baru yang memiliki pola pikir serba instan, lintas batas, cenderung individualistis dan pragmatis.

Melalui gerakan revolusi mental, kita berharap pemuda Indonesia memilki kemandirian untuk mengambil keputusan terbaik secara jernih, sesuai akal sehat tanpa harus tergantung orang tua, maupun negara disampingnya.

Bupati Salihi Menyerahkan Piagam Penghargaan kepada PNS Berprestasi. (f-humas bm)

Bupati Salihi Menyerahkan Piagam Penghargaan kepada PNS Berprestasi. (f-humas bm)

“Sudah bukan eranya lagi pemuda diawasi, dikekang, apalagi diintimidasi. Saatnya kita memberikan pendampingan, fasilitasi dan motivasi untuk maju berkembang sesuai kemampuan mereka,” ujar bupati.
Keprihatinan Kedua adalah, fenomena pengelolaan SDA kita yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

Indonesia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim, melalui pasokan oksigennya. Namun hari ini kita justru menjadi negara penyumbang polusi melalui kabut asap.
“Dalam kesempatan ini saya menggugah semangat kepeloporan pemuda, untuk ambil bagian dalam penanggulangan musibah kabut asap, juga gerakan menjaga keseimbangan iklim, melalui pengelolaan SDA yang bertanggungjawab dan berkelanjutan,” tegas bupati.

Diakhir sambutan bupati berpesan agar kiranya melalui revolusi mental pemuda, akan lahir generasi muda Indonesia yang tangguh berkarakter, mandiri, dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

Dalam kesempatan yang sama, usai upacara Bupati Hi Salihi memberikan penghargaan kepada 6 orang PNS Bolmong dari beberapa instansi, yang dinilai berprestasi dan telah mengabdi selama lebih dari sepuluh tahun. (yoan)