IKLAN

Pemekaran Talaud Selatan, Komisi A Minta Dukungan Politik DPRD Sulut


MANADO-Komisi A DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud melakukan kunjungan kerja ke DPRD Sulut, Selasa (7/2).

Semuel Bentian Ketua Komisi A bersama timnya diterima langsung oleh Ketua Komisi Satu, Ferdinand Mewengkang.

Ketua Komisi Satu  Ferdinand Mewengkang ketika menerima Komisi A DPRD Talaud

Ketua Komisi Satu Ferdinand Mewengkang ketika menerima Komisi A DPRD Talaud, Selasa (7/2).

Dalam pertemuan tersebut, Komisi A DPRD Talaud hendak meminta dukungan politik terkait pemekaran Talaud Selatan.

“Kami datang ke DPRD Sulut selain meminta dukungan politik juga membawa aspirasi masyarakat agar DPRD Sulut dan Pemerintah Provinsi dapat memperjuangkan agar Pemekaran Talaud Selatan ini bisa terwujud,” ungkap Bentian.

Bentian menjelaskan, jika Pemekaran Talaud Selatan ini sudah lama berproses dan masuk dalam 60 Daerah Otonomi baru yang akan dimekarkan.

” Ini sudah dari tahun kemarin prosesnya namun karena ada perobahan UU No 32 ke UU No 23 tentang Pemerintah Daerah, maka Pemekaran Talaud Selatan belum bisa terlaksana,” aku Bentian.

Mendengar Aspirasi dari Komisi A DPRD Talaud, Ferdinand Mewengkang menyatakan, DPRD Sulut mendukung penuh pemekaran Kabupaten Talaud Selatan.

Dalam kesempatan itu, Mewengkang mengingatkan jika Pembentukan Daerah otonomi Baru ( DOB) tidak lepas dari Pemerintah Pusat.

” Kita belum tahu kebijakan dari Mendagri. Yang kami ketahui untuk DOB ada moratorium. Saya menyampaikan semua aspirasi dari masyarakat harus kita tampung dan perjuangkan. Karena itu adalah tugas dari DPRD,” jelas Mewengkang.

Lanjut Mewengkang, untuk Pemekaran Talaud Selatan, dirinya mengharapkan Komisi A melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi, khususnya Biro Pemerintahan.

” Dalam Koordinasi dengan Komisi A DPRD Talaud, saya mengingatkan jika DPRD bukan lembaga eksekutor. Namun jika Peraturan Pemerintah ( PP) tentang DOB sudah keluar. Maka Komisi Satu akan segera menindaklanjutinya. Bukan hanya Talaud Selatan ada juga Langowan,” tutup Mewengkang. (mom)