IKLAN

Pembuatan Akte Lahir di Mitra Meningkat Usai Libur Panjang


David Lalandos

David Lalandos

MITRA – Usai libur panjang pekan lalu, pembuatan akte lahir mengalami peningkatan, hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) David Lalandos.

“Pembuatan akta lahir saat ini memang meningkat, rata-rata perhari kami melayani 30 hingga 40 warga yang akan membuatkan akte lahir bagi anaknya,” ungkap Lalandos, Kamis (14/7).

Namun Lalandos mengatakan, peningkatan tersebut bukan hanya karena usai libur panjang, tapi pihak Disdukcapil telah lama melakukan sosialisasi kepada warga agar membuatkan akte lahir bagi siapa saja yang belum ada.

“Kami telah melakukan sosialisasi hingga kedesa-desa, agar masyarakat bisa peduli akan pentingnya akte lahir bagi anak mereka,” kata Lalandos.

Dengan melakukan sosialisasi, Lalandos berharap masyarakat bisa langsung membuatkan akte lahir bagi anak yang belum ada akte lahir.

“Mungkin dengan kunjungan langsung kedesa-desa bisa mempermudah warga untuk membuat akte, artinya kami menjemput bola bukan berharap warga yang datang membuat akte,” terang Lalandos.

Ia pun berharap kedepan agar masyarakat yang belum mengurus akte lahir untuk anak agar segera datang. “Kita harapkan agar secepatnya semua warga yang memiliki anak segera mengurus akte bagi yang belum,” tandasnya. (fensen)