IKLAN

Pembebasan Lahan tak Tuntas, Pembangunan Jalan Tol Terancam Batal


Hearing Komisi 3 DPRD Sulut bersama dengan Dinas PU Sulut dan Balai Jalan Nasional

Hearing Komisi 3 DPRD Sulut bersama dengan Dinas PU Sulut dan Balai Jalan Nasional

MANADO РBelum tuntasnya pembayaran pembebasan lahan, pembangunan jalan Tol Manado-Bitung terancam batal. Pasalnya sampai sekarang ini yang terjadi di lapangan pembayaran ganti rugi lahan ini belum juga tuntas. Bahkan laporan yang disampaikan Dinas PU Sulut sudah mencapai 90 persen ternyata tidak benar.

Untuk itulah dalam hearing dengan Dinas PU dan Balai Jalan Nasional serta Asisten 3 Pemprov Sulut, Komisi 3 berharap pembayaran ganti rugi lahan yang telah diambil alih oleh Pemprov Sulut bisa tuntas.

Sekertaris Komisi 3 Amir Liputo ketika hearing Rabu kemarin mengakui bahwa dana untuk pembebasan lahan telah tertata di APBN 2015.

” Hasil rapat Menko Perekonomian dengan Gubernur Sulut pada 16 mei lalu. Telah diputuskan bahwa eksekusi paling lambat Agustus 2015 lahan sudah dituntaskan 100 persen,” ungkap Liputo.
Lanjut Liputo Dana APBD sebesar Rp 7 miliar untuk Sta-0-900 sampai 7.000 harus tuntas akhir Juni 2015 ditambah dengan anggaran APBD-P Provinsi tahun anggaran 2015 sebesar Rp 19 miliar dan selesai Oktober.

“Untuk itulah Komisi 3 berharap pembayaran ganti rugi lahan tol harus tuntas. Karena proyek ini sudah ditenderkan. Bagaimana proyeknya bisa jalan jika pembayaran ganti rugi lahan tak tuntas,” tegas Liputo.(mom)