IKLAN

Pembangunan RS Milik Pemda Terkesan Asal Jadi


MANADO -Pembangunan Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah ( Pemda) terkesal asal jadi. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Komisi 4 DPRD Sulut, James Karinda.

James Karinda

Karinda pun mencontohkan pembangunan Rumah Sakit Ratumbuysang, Rumah Sakit Mata dan Rumah Sakit Noongan. Kepada wartawan, Karinda mendesak agar Pemerintah segera memberikan sanksi serta tindakan tegas kepada pengusaha yang membangun rumah sakit tersebut.

” Jika rumah sakit dibuat dengan kualitasnya jelek maka sudah pasti akan berimbas kepada kesehatan dari pasiennya sendiri,” ungkap Karinda.

Politisi Partai Demokrat dari dapil Manado mengingatkan anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan RS Ratumbuysang cukup besar. Dengan harapan RS Ratumbuysang dapat segera digunakan. ” Kasus Rumah Sakit Ratumbuysang segera ditindaklanjuti jangan dibiarkan harus ada sanksi,” kata Karinda dengan nada tegas.

Karinda juga menghimbau agar pembangunan rumah sakit milik Pemda harus ada pengawasan. Sebab jika kualitasnya tidak baik maka akan berpengaruh pada pelayanan kesehatan pada masyarakat, begitu juga dengan konsultan pembangunan.

” Konsultan yang membuat RS, harus orang yang berpengalaman, karena cara membuat RS berbeda dengan membangun gedung-gedung biasa. Disitu harus ada standarnya,”ujar Karinda.

Karinda pun  berharap, para konsultan yang sudah dipercayakan oleh kontraktor untuk membangun RS milik pemda harus betul-betul mampu untuk mengerjakan bangunan. “Yang terjadi sekarang pembangunan rumah sakit milik Pemda di Sulawesi Utara dibuat asal jadi dan ini sudah ada buktinya,” tutup Karinda, sambil menyatakan, kontraktor yang dipercayakan membangun rumah sakit harus punya jika kemanusian. (mom)