IKLAN

Pelatihan ESQ Benteng Generasi Muda Manado Antisipasi Banjir Informasi Hoax dan Hate Speech


 

Staf Ahli Pemkot Manado, Herry Saptono (kiri) mewakili Wali Kota, GS Vicky Lumentut saat membuka Pelatihan ESQ didampingi Kadispora Manado, Lenda Pelealu dan Direktur Mitrasol, Victro Willem

MANADO – Emotional Spiritual Quotient (ESQ) berperan sangat penting bagi pembentukan karakter luhur untuk membentuk jati diri manusia unggul secara rohani dan jasmani.

Demikian dikatakan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) seperti dikutip staf ahli Pemkot Manado, Herry Saptono saat membuka pelatihan ESQ yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado di Swissbell Hotel, Jumat (9/6/2017).

“Orang yang cerdas dan matang secara emosi dan spiritual niscaya mampu mengatur dirinya sendiri bahkan mampu memgemban tugas kepemimpinan. Dengan begitu akan memberikan teladan mulia dan inspirasi bagi orang lain,” kata Saptono mengutip sambutan Wali Kota GSVL dihadapan puluhan siswa SMA/SMK se Kota Manado yang mengikuti pelatihan ESQ tersebut.

Sejumlah generasi muda Manado yang menjadi peserta pelatihan ESQ foto bersama

Menurutnya, kemajuan zaman saat ini, ESQ sangat penting untuk ditanamkan kepada diri generasi muda di Kota Manado dalam dunia pendidikan.

Pasalnya, dengan kesibukan dan keriuhan aktivitas di zaman sekarang ini akan berdampak kesenjangan bagi para pemuda Kota Manado di tengah mencari jati diri mereka.

“Apalagi dengan kemudahan akses informasi saat ini. Memang ada baiknya. Namun di sisi lain, banjirnya berita bisa juga akan menjeremuskan generasi muda ke dalam Hoax dan Hate Speech (ujaran kebencian) bila generasi muda kita tidak memiliki kecerdasan emosi dan spiritual,” kata Saptono.

Untuk itu, Wali Kota melalui Saptono meminta generasi muda Manado belajar memahami dan menerapkan ilmu ESQ ini dalam perkembangan kehidupan mereka.

(penulis/editor: antoreppy)