IKLAN

Pelaku Pembunuhan Salim Divonis 7 Tahun Penjara


foto ilus

foto ilus

MANADO – Pengadilan Negeri Manado akhirnya menggelar Sidang putusan dalam kasus pembunuhan dengan korban Salim Apuka. Terdakwa FS alias Kiki divonis 7 tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim Andrianus Infaindan, karena telah bersalah melanggar pasal 338 dan pasal 351 ayat 3 KUHP pada Senin (10/10).

Pada sidang sebelumnya, vonis Ketua Majelis Hakim tersebut berbeda dengan Jaksa Penuntu Umum (JPU) yang menuntut FS dengab 8 tahun 6 bulan penjara. namun atas usaha pembelaan yang ditempuhnya melalui Penasehat Hukum (PH) Adv Sasmi Ticoalu SH, yang memohon keringanan hukuman kepada Majelis Hakim, dan berdasarkan fakta-fakta persidangan yang ada, Majelis Hakim pun memutuskan FS agar mendekam dipenjara selama 7 tahun.

Dalam dakwaan JPU sebelumnya, dijelaskan bahwa kejadian naas tersebut terjadi pada
Kamis (31/03) 2016 yang lalu, sekira ppukul 21.30 Wita. Saat itu di Jalan Masjid, Kampung Tali, Kelurahan Tuminting, Lingkungan II, Kecamatan Tuminting, adik kandung FS yang sedang bermain bersama dengan teman-temannya disekitar mesjid ditegur oleh korban.

Ketika itu, Korban lalu mendorong dan menampar kedua pipi adik FS. Setelah dipukul korban, adik FS itu datang melaporkan kejadian kepada terdakwa. Marah dengan perlakukan korban, tak lama kemudian, bersama adiknya FS mendatangi rumah korban untuk menanyakan pemukulan yang tersebut.

Saat datang korban sedang duduk di teras rumah, FS pun lantas menanyakan kepada korban “siapa yang memukul adik saya”. Langsung dijawab korban “saya, tunggu disitu kamu”. Korban lantas masuk ke dalam rumah dan kemudian keluar sambil membawa parang sembari mengejar FS. Sampai di jalan raya di depan mesjid, korban yang hendak menebas FS dari belakang tidak mengenai sasaran lantaran kaki korban terkait pada penutup selokan.

Meski jatuh karena terkait selokan korban tetap berdiri dan mengejar FS. Ketika dikejar korban, waktu itu FS melihat tiang besi rambu-rambu lalu lintas di jalan. Melihat ada kesempatan, FS lalu mengambil tiang tersebut dan langsung memukul kepada korban dan mengena dibagian kepala. Pukulan pertama mengena di kepala sebelah kiri dan kedua dibagian kanan kepala korban. Pukulan besi FS membuat korban terjatuh. Kendati sempat dibawa ke RS namun beberapa lama kemudian korban meninggal dunia. (ekaputra)