IKLAN

Pelabuhan Bitung Target Eksport Perdana Mei 2016


Malton Andalangi

Malton Andalangi

BITUNG-Bertempat di  Swissbell Hotel Maleosan-Manado, Plt. Setda kota Bitung Drs. Malton Andalangi didampingi Kepala BAPPEDA kota Bitung Albert Sarese menghadiri Rapat Teknis Tindak lanjut sosialisasi kebijakan pengembangan Sistem Logistic Nasional (SISLOGNAS), Jumat (11/3).

Rapat yang di selenggarakan oleh tim Kementrian Perekonomian RI tersebut khusus membahas tentang identifikasi kesiapan produk skema supply dan trade dari program kondolidator/Agregator produk ekspor UKM dari Pelabuhan International Hub Bitung, dengan target Ekspor perdana pertengahan Mei 2016,

“Juga menyinggung tentang Jenis dan volume komoditi produk, berapa harga yang akan ditetapkan dari produk tersebut serta nilai kontraknya berapa dan  sertifikasi mutu” tutur Andalangi.

Ia melanjutkan, pembahasan tentang rute pelayaran (Ocean Route), kesiapan baik dari sistem perijinan maupun  Pelabuhan yang memerlukan peningkatan sistem pelayanan pelabuhan berbasis ICT/EDI juga menjadi bahan diskusi peserta rapat saat itu.

Andalangi berharap kedepannya Bitung akan menjadi kota berkembang, pintu gerbang Pasifik tempat masuk keluarnya Kapal-kapal dari berbagai Negara untuk berbisnis.

“Untuk itu kita perlu mempersiapkan SDM bidang Logistik yang Profesional dan handal, sehingga mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja di bidang itu dan bukannya menjadi penonton, melihat pekerja asing bekerja di tempat kita sendiri” tutupnya. (jones)