IKLAN

Pekan Depan 59.186 Daftar Pemilih di Boltim Akan Dicocokkan Lagi


Logo KPU 1BOLTIM – Menjelang pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim mulai terlihat kesibukannya, salah satunya tahapan pemutakhiran data pemilih yang akan dilakukan pada Rabu (15/7) nanti.

“Akan ditempeli stiker sebagai tanda bukti pencocokan dan penelitian pemilih di rumah warga dan formulir bukti pendaftaran pemilih yang kita terima dari provinsi,” ujar Devita Pandey, Komisioner KPU Boltim, Jumat (10/7).

Masih menurut Devita jumlah logistik tersebut sesuai jumlah kepala keluarga (KK) yakni sebanyak 21.170. “Ini akan dibagikan ke PPDP pada Senin depan usai pelantikan sekaligus bimtek selama dua hari,” tambahnya kemarin.

Selain itu pihaknya telah melakukan sinkronisasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DPS4) yang diberikan Kemendagri melalui KPU Pusat dengan data terakhir pemilu untuk menjadi daftar pemilu.
“Ada sekitar 59.186 daftar pemilih yang akan dilakukan pencocokan dan penelitian sejak 15 Juli hingga 19 Agustus,” bebernya.

Jika ditemukan pemilih baru yang tak masuk dalam data tersebut. Maka PPDP bisa memasukkan dalam fomulir model AA.KWK yakni fomulir pemilih baru.

“Ada 180 PPDP yang terdiri atas Kecamatan Nuangan 40 orang, Kecamatan Modayag 54 orang, Kecamatan Tutuyan 28 orang, Kecamatan Modayag Barat 27 orang dan Kecamatan Kotabunan 31 orang. Mereka akan bekerja selama 36 hari,” ujarnya.

Ketua KPU Awaluddin Umbola mengatakan PPDP dibentuk atas usulan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke KPU Boltim. “PPDP ditunjuk oleh PPS. Sesuai PKPU 3 Pasal 49. PPDP adalah petugas RT dan RW yang diusulkan PPS atau bisa diambil dari orang yang dianggap mampu dan cakap dalam melakukan data pemilih,” terangnya.

Dia menjelaskan setiap PPDP akan menangani maksimal 400 pemilih dalam pemutahiran. “Pendataan dilakukan by name by address. Rekapitulasi daftar pemilih ditingkat kabupaten menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 1-3 September,” pungkas Umbola. (yoan)