IKLAN

Patut Dicontoh, Umat Muslim Sulut Ikut Iringi Proses Jalan Salib Paskah


MANADO – Sulawesi Utara tak pernah berhenti mencerminkan kerukunan antar umar beragama. Indahnya kebersamaan di daerah berjulukan Bumi Nyiur Melambai yang berasal dari berbagai suku terus dipupuk.

Lihat saja Paskah tahun ini. Perayaan paling skaral bagi umat nasrani, memperingati kematian Tuhan Yesus, umat Muslim pun ikut ambil bagian.

Di beberapa rumah gereja, para pemuda muslim menjaga keamanan proses ibadah yang sedang berlangsung. Bahkan sampai proses jalan salib pun, umat muslim ikut berbaur mengiringi.

Banyak masyarakat mengaku merinding menyaksikan antusias dan spontan umat muslim. “Indahnya kebersamaan itu bukan hanya saya dan persekutuan saya, atau

Umat muslim berjabatan tangan dengan jemaat Gereja Imanuel Tanawangko usai ibadah Jumat Agung

Umat muslim berjabatan tangan dengan jemaat Gereja Imanuel Tanawangko usai ibadah Jumat Agung

kamu dan kelompok kamu. Tapi indahnya kebersamaan itu tentang saya dan saudara seiman saya merayakan hari besar agama kami dan kamu dan kelompok kamu dengan suka cita dan tanpa pamrih menjadi benteng pertahanan rumah ibadah kami,” tulis Wan Robert Kakambong dalam postingan FB-nya bersama foto warga muslim sedang menjaga gereja.

Apa yang dilakukan umat muslim di Sulut, kiranya menjadi contoh di daerah lain untuk terus menjaga kerukunan umat beragama.

Baik umat muslim dan maupun nasrani berharap tali persaudaraan yang tercipta di Sulut jangan sampai putus.

“Terima kasih kepada seluruh umat islam di indonesia khususnya di Sulawesi Utara telah menjaga ibadah paskah yg di jalani umat kristiani. Semoga kita di lindungi dan di jaga oleh Tuhan Yang Maha Esa,” kata Vicadila Rompas, warga Minsel.

Bak gayung bersambut. Sejumlah pemuda muslim pun spontan menghaturkan selama Paskah buat sahabat-sahabat mereka umat nasrani.

Umat muslim menjadi benteng keamanan menjaga proses Ibadah Jumat Agung yang sedang berlangsung

Umat muslim menjadi benteng keamanan menjaga proses Ibadah Jumat Agung yang sedang berlangsung

“Semoga dengan Paskah ini membuat kita umat beragama di Sulut semakin kuat tali persaudaraan. Jangan sampai ada oknum-oknum mengganggu persaudaraan torang di Bumi Nyiur Melambai ini,” tegas pemuda muslim, Dennis Rumumpe. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017
  • Bruwing Deston

    Terbaik di Indonesia. Di Malaysia mustahil.

  • Pak Yoseph Itok

    Maaf, kepada siapapun author tulisan ini..
    Gambar paling atas itu adalah gambar kegiatan Gelar Budaya 2015 di Muntilan,
    dimana para pemuda Muslim mengarak salib Asian Youth Day.
    Mohon agar bisa ditindak lanjuti,
    demi tegaknya informasi yang kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan
    terimakasih