IKLAN

Paslon Main Duit Langsung Dianulir, Pukul 00.00 Tengah Malam Nanti Masuk Minggu Tenang 


foto ilus

foto ilus

MANADO – Warning keras dilontarkan Bawaslu Sulut kepada Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah. Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda menegaskan, akan menganulir paslon Kepala Daerah terbukti melakukan dugaan politik uang di minggu tenang atau sehari sebelum pencoblosan tanggal 9 Desember 2015.

Ia mengingatkan, kepada para paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah di wilayah Sulut bersama masing-masing tim pemenangan untuk tidak melakukan pelanggaran selama masa tenang.

“Sesuai amanat perundang-undangan, mulai Minggu (6/12) pukul 00.00 Wita dinihari semua alat peraga kampanye  dibersihkan, termasuk iklan dan berita yang bernuansa iklan ajakan di media masa dan media online. Jika terbukti melanggar, konsekuensinya bisa sampai didiskualifikasi dari calon, bila terbukti,” tegas Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah meminta kepada Bawaslu agar ketat menelusuri adanya potensi tindakan politik uang dan kampanye gelap saat menyelenggarakan acara atas nama keagamaan dan olahraga di masa kampanye dan masa tenang.

“Pihak Bawaslu harus mengawasi secara ketat pasangan calon yang melakukan kegiatan atas nama acara keagamaan dan olahraga karena banyak kemungkinan terjadi,” ujar Ferry.

Ferry menjelaskan, kegiatan yang mengatasnamakan keagamaan dan juga olahraga memang tidak dilarang oleh peraturan KPU.

Hanya saja, jika kegiatan tersebut membagikan hadiah yang dinilai mempunyai harga lebih dari Rp 25 ribu maka hal tersebut sudah masuk dalam kategori politik uang. (bkc/nto)