IKLAN

Pasca Sidak BNN di Lapas Tuminting, Kemunkumham Sulut Janji Tindak Tegas Kalapas dan Pegawai Terlibat


received_1025110254241589

Handphone dan beberapa barang lainya yang ditemukan BNNP Sulut, Polda Sulut dan Kemenkumhan Sulut. (Foto eka/ml)

MANADO – Terkait penemuan sejumlah handphone di Lapas Klas II Tuminting, Kemenkumham Provinsi Sulut akan menindak tegas bagi petugas Lapas yang membantu para narapidana tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut Dr. H. Sudirman D. Hury melalui Kepala Divisi Permasyarakatan Antonius Matius Ayorbaba, SH. M.Si yang mengatakan akan memecat Kapalas dan Pegawainya yang terlibat dalam membantu para penghuni. “Kalau ada petugas yang bermain untuk kebutuhan individual, tentu kita akan menindak tegas sesuai dengan perintah Menteri Hukum dan Ham dan bagi Kalapas yang terlibat, pasti akan dipecat juga pegawai yang terlibat akan dipecat Itu tidak ada kompromi,” kata Antonius pada Rabu (6/3).

Beliau juga menambahkan, bahwa untuk penggunaan handphone tersebut sebenarnya diijinkan tapi harus sesuai dengan prosedur yang ada. “Untuk terkait handphone yang ditemukan dengan jenis yang sama, kami sebenarnya juga mengijinkan handphone masuk kedalam lapas, cuma mekaminsme sesuai protap itu harus sesuai dengan prosedur yang ada dan tidak diperkenankan untuk kepada para penghuni untuk mengelola dan harus dalam pengawasan petugas,” tambahnya.

Sementara itu, untuk 3 napi yang positif menggunakan narkoba jenis sabu atau metamfetamin pihaknya juga berjanji akan menjadi perhatian khusus dan meningkatkan keamanan dan penngawasan. “Ini juga akan menjadi perhatian yang intens kepada kami untuk pengawasan secara internal, ini juga sudah perintah dari Kakanwil untuk melakukannya dalam beberapa hari kedepan untuk pengarahan dan pembinaan kepada para petugas Lapas,” kata Antonius. (ekaputra)

 

Manado Fiesta 2017