IKLAN

Ini Dia Pesawat AT 802 akan Menjinakan Kebakaran Hutan di Sulut dari Udara


image

Pesawat Air Tractor 802 telah tiba di Manado dan terparkir di Bandara Samratulangi. Pesawat ini bertugas melakukan pemadaman kebakara hutan atau lahan di Sulut dari udara (Water Bombing)

MANADO – Setelah lama dinantikan, akhirnya pesawat Pesawat Air Tractor (AT) 802 yang akan melakukan pedaman api kebakaran hutan dan lahan di Sulut telah tiba di Manado, Sabtu (24/1). Pesawat ini akan terparkir di Bandara Samratulangi selama lima hari kedepan untuk melakukan pemadaman api dari udara (water bombing) menyusul akhir-akhir kebakaran lahan, hutan maupun gunung terus marak terjadi di Sulut.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut, Jemmy Kumendong mengatakan, Pesawat yang dipiloti Piter Jones ini, merupakan bantuan dari Australia melalui Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI. Atas lobi Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono, akhirnya pemerintah pusat memberikan izin operasi pesawat tersebut di Sulut.

Pesawat Air Tractor AT-802 adalah sebuah pesawat pertanian bermesin turboprop sayap rendah (low wing), yang juga dapat diadaptasi menjadi pemadam kebakaran atau versi bersenjata.

AT-802 pertama kali terbang di Amerika Serikat pada Oktober 1990 dan diproduksi oleh Air Tractor Inc. AT-802 membawa gerbong kimia antara mesin firewall dan kokpit dan satu lagi di bawah perut. Di AS, itu dianggap sebagai Type III SEAT, atau Air Tanker Mesin Tunggal. (antoreppy/*)

 

Manado Fiesta 2017