IKLAN

Parengkuan: Kritikan Wagub Itu Untuk Fraksi PDIP


MANADO-Kritikan tajam yang disampaikan Wakil Gubernur, Drs. Steven Kandouw kepada DPRD Sulut terkesan hanya tidur.

Akhirnya ditanggapi pengurus DPD PDIP Sulut, Frangki Wongkar, Yanes Parengkuan, Yus Tumurang.

Yanes Parengkuan

Yanes Parengkuan

Kepada wartawan, Yanes Parengkuan menyatakan kritikan tajam yang disampaikan oleh wakil gubernur lebih ditujukan kepada Fraksi PDIP.

” Saya menyimak apa yang disampaikan oleh wagub itu lebih ditujukan kepada Fraksi PDIP DPRD Sulut,” tegas Parengkuan.

Parengkuan menyatakan juga pimpinan dewan itu layak untuk diganti kalau menurut partai  sudah tidak menunjukan kinerja untuk kepentingan rakyat. Tidak mengapa partai menarik.

” Ini saya tujukan untuk semua anggota Fraksi PDIP di Sulawesi Utara,” tegas Parengkuan Wakil Ketua DPD PDIP Sulut bidang kaderisasi.

Hal yang sama diungkapkan Yus Tumurang. Menurutnya anggota Fraksi PDIP di DPRD adalah petugas partai yang ditugaskan untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

Sementara Sekertaris PDIP Sulut, Frangki Wongkar ia mengingatkan semua anggota Fraksi di DPRD Sulut. Jangan alergi dengan kritikan.

” Buatlah kritikan itu memacu semangat kita untuk bekerja lebih baik dalam memperjuangkan kepentingan rakyat,” aku wakil bupati Minsel.

Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw ketika dikonfirmasi soal pernyataan Wagub. Menurutnya, pernyataan Wagub itu ia tidak mendengar.

Tetapi mengenai Ranperda BUMD. Sebenarnya sejak 17 Mei 2016 sudah terjadi kesepakatan pembahasan Pansus dengan eksekutif.

Nah, pembahasan Ranperda BUMD ini mengacu pada Permendagri No 80 tahun 2015. ” Jadi sebelum diparipurnakan harus dievalusi di Dedpdagri. Selama ini ada beberapa kali evaluasi. Dan  di Depdagri juga ada terjadi  perbedaan pendapat mengenai BUMD tapi itu dinamika,” ungkap Angouw.

Lanjut Angouw, perkembangan terakhir dari pembahasan Ranperda BUMD, Depdagri meminta Pemprov untuk melakukan kajian investasi. ” Per saat ini pembahasan Ranperda BUMD masih menunggu hasil kajian investasi dari Pemprov baru di Paripurnakan,” tambah legislator dapil Manado ini.

Sedangkan mengenai pernyataan wagub lebih ditujukan ke Fraksi PDIP. Angouw mengaku ia tidak mau berandai-andai. Tetapi jika itu memang benar seharusnya disampaikan lewat rapat DPD karena wagub Steven Kandouw adalah pengurus DPD PDIP Sulut.

” Coba tanyakan ke wagub. Saya tidak membantah soal pernyataan wagub mengenai DPRD tidur. Tetapi sebagai pimpinan dewan saya menjelaskan perkembangan dari pembahasan BUMD di DPRD Sulut,” kata Angouw.

Diketahui kinerja Fraksi PDIP di DPRD Sulut menurun. Selain ada beberapa anggota malas masuk kantor. Juga sedikit yang ikut terlibat dalam pembahasan.(mom)

 

Manado Fiesta 2017