Pangdam XIII/ Merdeka Lantik 140 Prajurit, Putra Sangihe Lulus Terbaik

(Pangdam XIII/Merdeka melantik 140 Prajurit TNI AD baru)
(Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI AD Ganip Warsito SE MM melantik 140 Prajurit TNI AD baru)

 

BITUNG – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM melantik 140 Orang Tamtama prajurit karir di lapangan secata ┬áBitung, Kota Bitung, Senin(17/04/2017).

Menurut Warsito, ini adalah suatu proses pendidikan untuk mencetak warga negara Indonesia yang ingin mengabdikan diri menjadi prajurit melalui pendidikan secata. “Ini adalah program over load, artinya program tahun 2016 tapi pelaksanaannya dilakukan pada 2017 ini. Sehingga secara tanggung jawab memang sebenarnya masih menjadi tanggungjawab Kodam VII Hasanudin secara administrasi,” ungkap Warsito.

Dijelaskan Jenderal Dua Bintang itu, keterkaitan hal itu, sudah dilakukan penutupan pendidikan dimana substansinya penyumpahan atau pelantikan mereka yang sudah lulus pendidikan Tamtama menjadi prajurit TNI AD berpangkat Prajurit Dua. “Nanti selanjutnya mereka akan latihan di kecabangan masing-masing. Dari 140 orang yang dinyatakan lulus ini, yang terbaik yakni putra asal Sangihe,” ujarnya.

Ditambahkan, setelah dari sini, sekitar 109 orang akan didik di Dodik Secata B untuk mengikuti pendidikan kejuruan infantri, sisanya ikut kejuruan di Bandung. “Ada yang di kalveleri, armed yang semuanya hanya berjumlah 31 orang. Yang jelas, setelah dari sini mereka belum langsung bergabung dengan Kodam,” jelasnya.

Nanti lanjut Warsito, setelah selesai ikut pendidikan baru dilakukan penempatan. Tentunya, sudah diusulkan ke pimpinan terkait prajurit yang kita didik di sini, yang nantinya akan memperkuat kesatuan yang tergelar di Kodam XIII/Merdeka. “Untuk Kodam XIII/Merdeka sendiri kebutuhan personil sebanyak 60%. Tetapi kami mengambil peluang ini sambil menunggu waktu,” tandasnya sembari menambahkan saat ini Rindam dalam proses administrasi, sehingga secepatnya akan segea dioperasikan.(hry)