IKLAN

Panay: APK Pasangan Calon Dicetak Oleh KPU


Ryllo Panay

Ryllo Panay

BITUNG-Besarnya kebutuhan anggaran KPU Kota Bitung untuk pelaksanaan Pilkada mendatang, didasari pada peraturan KPU dimana untuk biaya pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK) dari setiap pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, dibebankan kepada KPU.

 

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris KPU Kota Bitung Ryllo A. Panay, AP, MM, kepada manadoline.com, Jumat (17/4).

“Anggaran 19 miliar dari KPU untuk Pilkada Bitung, adalah angka yang wajar, karena semua APK pasangan calon dibiayai  oleh KPU, belum lagi surat suara dan lain-lain,” kata Panay.

 

Menurutnya, biaya pengadaan APK saja sangat besar, belum lagi ditambah dengan operasional lainnya. Untuk APK berupa Poster, Liflet dan Pamflet dari setiap pasangan calon harus dicetak sejumlah Kepala keluarga (KK) yang ada di Kabupaten/Kota. Sedangkan Bilboard dan Baliho yang berukuran 4m X 7m, hanya 5 buah untuk setiap pasangan calon. Baliho ukuran lebih kecil hanya diperbolehkan dipasang 2 buah per kecamatan, umbul-umbul ukuran 1,15m X 5m paling banyak 20 buah disetiap Kelurahan dan untuk spanduk 2 buah per kelurahan.

 

“Semua cetakan tersebut dibiayai oleh KPU, hanya layout dari pasangan calon. Bisa dibayangkan berapa besar dana yang dibutuhkan, khusus poster, Liflet dan Pamflet jika jumlah KK ada 65 ribu dikalikan jumlah pasangan calon, ada berapa ratus ribu per item APK yang harus dicetak,” ungkapnya.

 

“Satu hal yang Pasti, KPU siap menyukseskan pelaksanaan Pilkada dengan catatan ada kepastian anggaran dari Pemkot Bitung,” sambung Panay sambil tersenyum. (jones)