IKLAN

Pameran Pembangunan Momentum Daerah Performance di HUT Sulut


Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Sulut DR Jemmy Kumendong, MSi

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Sulut DR Jemmy Kumendong, MSi

MANADO-Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Sulawesi Utara (Sulut) DR Jemmy Kumendong, MSi mengatakan hari ulang tahun (HUT) Provinsi ke 52 tepatnya 23 September 2016, masing-masing Kabupaten/Kota mempersiapkan keperluan stand yang akan di pamerkan, sisi lain terjadi transaksi ekonomi.

“Kami telah menyurat disetiap Kab/Kota agar pihak-pihak terkait segera mempersiapkan khususnya apa-apa saja akan di pamerkan melalui ciri khas daerah masing-masing,”ungkap Kumendong kepada Manadoline saat berada di ruang kerjanya, Senin (22/8).

Lanjutnya, di pamerkan tentu harus menyajikan sesuatu menarik dan mendatangkan peluang bisnis menjanjikan.

Hasil dari masing-masing daerah misalnya Minahasa produk cap tikus, Sangihe hasil olahan sagu.”Ya biasanya, pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengisi stand dengan hal-hal formalitas juga adanya pasar malam,”katanya.

Disamping itu, hiburan kepada masyarakar juga menguntungkan daerah masing-masing karena terjadi transaksi bisnis di area pameran,”pungkasnya, sembari menambahkan pelaksanaan pameran dimulai seminggu sebelum 23 September dan seminggu sesudahnya, sementara menunggu kepastian panitia.

Ketika momentum pameran terlaksana….

Kumendong mengakui, terkait pelaksanaan pameran pembangunan. Melihat sejauh mana seluruh pelosok Sulut dalam konteks ini setiap stand pemerintah daerah memberikan informasi dan melihat sejauh mana pembangunan yang sudah dilaksanakan di Sulut.

Tentu diharapkan ketika momentum pameran terlaksana, akan terjadi transaksi bisnis didalamnya, sehingga tak lain menguntungkan Kab/Kota itu sendiri.

Misalnya seperti Jakarta Expo ada kortingan produk yang di pamerkan. Istilahnya, mata rantai ekonomi transaksi lebih murah dan belanja lebih hemat.

Tentu, diakui Kumendong ini akan terbuka lapangan pekerjaan dan angka kemiskinan menurun menunjang juga program Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yaitu Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),”ujar Kumendong.

Pameran ini juga, membawa event bagi masyarakat yang diakuinya sarana dan prasarana hiburan masih kurang.

“Ya, pasti di HUT Provinsi nanti, kami berikan terbaik salah satu alternatifnya di dengan pameran pembangunan pasti ada kejutan menarik, sekali lagi 15 Kab/Kota harus terlibat dan masyarakat dapat memaknainya sebagai karya Sulut dalam pembangunan bersama,”kuncinya.

(srikandipangemanan)