IKLAN

Kepala Bappeda: RPJMD Manado di Uji Publik Dalam Musrembang Pagi Ini


Walikota GS. Vicky Lumentut saat melakukan penandatanganan berita acara dan nota kesepakatan Ranwal RPJMD pekan lalu.(Foto:Humas DPRD)

Walikota GS. Vicky Lumentut saat melakukan penandatanganan berita acara dan nota kesepakatan Ranwal RPJMD pekan lalu.(Foto:Humas DPRD)

MANADO – Program pemerintahan Walikota GS. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D. Bastiaan yang tertuang dalam RPJMD akan diuji publik, Kamis (15/09) pagi ini. Uji publik yang akan dilaksanakan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kota Manado, rencananya mengundang keterlibatan semua stage holder.

Sebagaimana yang dikemukakan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado, Bartje Assa kepada wartawan ManadoLine, dateline RPJMD sesuai dengan Permendagri nomor 54 tahun 2010 pada bulan ke 5 setelah pelantikan Kepala Daerah, Ranperda RPJMD sudah harus dibahas oleh DPRD.

“Bulan ke 5 sesuai dengan aturan sudah harus di bahas dan paling lambat bulan ke 6 setelah pelantikan Kepala Daerah, RPJMD sudah harus ditetapkan,” ujar Assa beberapa waktu lalu.

Sementara itu, terkait masukan DPRD melalui Pansus RPJMD tentang isu strategis di Kota Manado untuk kepentingan masyarakat, Bartje menuturkan itu hanya merupakan bahan pertimbangan yang artinya, memperhatikan isi berita acara yang ditanda tangani Walikota dan Pimpinan DPRD. “Kalau sesuai dengan pedoman, akan dimasukan. Kalau tidak sesuai pedoman, tidak dimasukan,” ujar Bartje.

Sebelumnya, Pansus DPRD dalam pembahasan Ranwal, meminta tim penyusun Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Pemerintah Kota, memasukan sedikitnya 30 poin krusial untuk ditambahkan, sesuai dengan berita acara yang ditanda tangani.

“Ada kurang lebih 30 poin yang menjadi catatan untuk diperhatikan tim penyusun sebelum nantinya di bawa ke Musrembang, dan di buatkan Rancangan Akhir RPJMD, diantara 30 poin itu adalah, masalah aset pemerintah, peningkatan PAD, pengelolaan perijinan, kemacetan, penanganan bencana, kebersihan, pendidikan, kesehatan, ketersediaan sarana dan prasarana, serta keamanan,” ujar Benny Parasan Ketua Pansus RPJMD.(MichaelCilo)

 

 

 

Manado Fiesta 2017