IKLAN

P2SDKP Bitung Kembali Amankan Kapal Pelaku Ilegal Fishing


Tersangka pelaku ilegal fishing, diamankan oleh PSDKP Bitung, Selasa (14/4)

Tersangka pelaku ilegal fishing, diamankan oleh PSDKP Bitung, Selasa (14/4)

BITUNG-Tim Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (P2SDKP) Bitung, kembali mengamankan satu unit kapal penangkap ikan berbendera Filipina dan Indonesia di peraian Talaud, yang diduga kuat melakukan illegal fishing.

 

“Sudah menjadi harga mati bagi kami mengamankan laut Indonesia dari pelaku illegal fishing. Kami bertekad untuk perang melawan illegal fishing yang telah meruikan Negara sampai triliun rupiah,” kata kepala P2SDKP Bitung Pung Nugroho Saksono kepada manadoline.com, Selasa (14/4).

 

Ipunk melanjutkan, kapal yang diduga pelaku illegal fishing dengan nama KM Tuna Jaya 3 GT 7 no 170/c79 ditangkap KPP Macan Tutul 001 milik P2SDKP Bitung pada hari Minggu (12/4) sekitar pukul 12.50 Wita, tiba di pangkalan PSDKP hari Selasa (14/4). Menurut laporan kapten KPP Macan Tutul 001  Riyo Kurniawan, ketika ditangkap kapal yang berbendera Filipina dan Indonesia diawaki oleh sembilan orang warga negara Filipina dan satu warga negara Indonesia yang tidak memiliki dokumen sama sekali.

 

“Selain awak kapal, tim juga menemukan puluhan jerigen ukuran 25 liter berisi bahan bakar jenis solar. Penangkapan kapal yang diduga kuat melakukan illegal fishing kali ini adalah yang ke-16,” pungkas Ipunk. (jones)

 

Manado Fiesta 2017