IKLAN

Olly Benarkan Bantuan Bencana dari Pusat untuk Manado Belum Cair


MANADO—Selama ini Pemkot Manado, terlebih Wali Kota GS Vicky Lumentut diobok-obok sejumlah isu miring soal bantuan bencana dari p

Olly Dondokambey

Olly Dondokambey

emerintah pusat pasca Kota Manado dilanda banjir bandang 15 Januari lalu.
Orang nomor satu di Kota Manado ini dituding telah menggunakan bantuan itu untuk kepentingan pribadi. Meski dibeberapa kesempatan GSVL, sapaan akrab Wali Kota telah melakukan klarifikasi soal tudingan itu, namun isu terus digulirkan.
Bahkan secara terang-terangan, GSVL pun telah melakukan klarifikasi ke pemerintah pusat melalui Kemenkokesra dan Dirjen Keuangan belum lama ini. “Sapa bilang so cair? Pak Wali Kota sendiri pernah katakan silakan pergi demo ke pemerintah pusat kalau dana bantuan bencana itu sudah cair,’’ kata Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone kepada wartawan di sela-sela kegiatan resesnya di kawasan Winangun belum lama ini.
Nah, kini giliran anggota DPR RI dapil Sulut yang mementahkan tudingan soal dana bantuan bencana dari pemerintah pusat itu. Adalah Olly Dondokambey saat menghadiri ibadah Pra Natal Kader PDI-P di Wisma Montini, Sabtu (27/12) yang ikut dihadiri Wali Kota GSVL.
Menurut politisi kawakan yang juga Ketua DPD PDI-P Sulut ini, bantuan bencana di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Manado baru akan disahkan setelah DPR-RI selesai membentuk AKD (Alata Kelengkapan Dewan). Setelah itu, bantuan tersebut akan disalurkan secepatnya oleh pemerintah pusat.
“Memang benar ungkapan Pak Walikota Lumentut. Dana bencana dari pemerintah pusat belum ada. Karena masih harus menungu persetujuan Wakil Rakyat di DPR-RI, dan baru Januari nanti dibahas kembali. Semoga usai terbentuk AKD, bantuan bencana segera disalurkan nantinya,” ujar Dondokambey.
Dia pun berharap, semoga dengan dilantiknya Ronald Rampangiley sebagai Kepala BNPB Pusat, akan mempercepat penyaluran bantuan bencana ke Kota Manado. “Karena beliau, Rampangiley putra daerah yang juga mantan Danlantamal Manado,’’ pungkas Dondokambey. (anre)

 

Manado Fiesta 2017