IKLAN

Balas Silaturahmi Wali Kota Saat Thanks Giving di Banyuwangi November, Lalu

Nikmati Bubur Manado, Main Kolintang, Kedubes-Konjen AS dan GSVL Akrab di Wakeke


Balas Silaturahmi Wali Kota Saat Thanks Giving di Banyuwangi November, Lalu

Doa bersama sebelum menikmati bubur Manado di rumah makan Dego-Dego Wakeke

Doa bersama sebelum menikmati bubur Manado di rumah makan Dego-Dego Wakeke

MANADO-November 2014 lalu, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama istri tercinta, Julyeta P.A Runtuwene diundang Dubes AS untuk Indonesia, Robert O. Blake Jr, dan Konsul Jenderal (Konjen) AS, Joaquin Monserrate yang berkedudukan di Surabaya menghadiri acara Thanks Giving yang digelar di Keraton Rudis Bupati Banyuwangi.Saat itu GSVL, sapaan Wali Kota bersama first lady Manado berbaur bersama-sama masyarakat Amerika Serikat (AS) yang tinggal di Indoensia menikmati makanan ala AS, tak terkecuali menu andalan ayam kalkun.

Ternyata, kehadiran GSVL dalam acara syukuran warga AS di Indonesia itu masih tersimpan dalam ingatan Kedubes dan Konjen AS. Buktinya, saat kunjungan kerja kedua pejabat smokol bubur manado wakeke9perpanjangan tangan pemerintah AS di Indonesia ke Sulut, Kamis (8/1) menyempatkan diri menemui khusus Wali Kota Manado GSVL, kemarin (Jumat 9/1) setelah sebelumnya bertemu Gubernur Sulut, SH Sarundajang. Saat acara Thanks Giving GSVL disambut menu andalan masyarakat AS, ayam kalkun.

Di Manado pun GSVL mengajak Kedubes dan Konjen AS untuk menikmati menu andalan masyarakat Minahasa, yakni Bubur Manado. “Ini makanan andalan masyarakat Manado. Namanya tinutuan. Mengandung gizi tinggi karena bahan pokoknya semua dari sayur-

Kedubes AS, Robert Blake menyerahkan buku kepada Wali Kota  Vicky Lumentut didampingi First Lady Manado Julyeta Runtuwene disaksikan Konjen AS, Joaquin Monserrate (foto: epen runtuwene)

Kedubes AS, Robert Blake menyerahkan buku kepada Wali Kota Lumentut didampingi First Lady Manado Julyeta Runtuwene disaksikan Konjen AS, Joaquin Monserrate (foto: epen runtuwene)

sayuran,’’ kata GSVL saat menjamu smokol pagi rombongan Kedubes dan Konjen AS di Dego-Dego, salah satu rumah makan di lokasi objek wisata Wakeke, jumat pagi. Suasana keakraban sangat kental. Kedubes dan Konjen AS terlihat menikmati bubur Manado sambil diiringi lirik-lirik lagu khas Minahasa dari grup music kolintang.

Nampak GSVL menjelaskan potensi-potensi alam dan wisata yang dimilikiManado sebagai ibukota Provinsi Sulut mengingat Kedubes Robert O. Blake Jr, baru kali pertama berkunjung ke Sulut, khususnya Kota Manado. Saking terjalinnya keakraban, sampai-sampai rombongan Kedubes dan Konjen AS tersebut menyempatkan diri belajar bermain music kolintang. Usai menikmati bubur Manado, Kedubes dan Konjen AS ditemani GSVL dan istri melanjutkan perjalanan marathon mengunjungi lokasi-lokasi wisata di kepulauan Manado Tua dan Bunaken.

First Lady Manado, Julyeta P.A Runtuwene menunjukan kelihaian main kolintang di depan Kedubes dan Konjen AS usai menikmati bubur Manado

First Lady Manado, Julyeta P.A Runtuwene menunjukan kelihaian main kolintang di depan Kedubes dan Konjen AS usai menikmati bubur Manado

“November lalu saya diundang acara Thanks Giving warga Amerika di Banyuwangi. Saat itu saya juga mengundang untuk silaturahmi ke Manado. Nah, kesempatan itu sekarang Pak Kedubes dan Konjen menyempatkan diri ke Manado sekaligus datang melihat potensi-potensi alam disini,” ujar GSVL.

Rombongan Kedubes AS Robert O. Blake Jr bersama Konjen AS, Joaquin Monserrate ditemani Wali Kota Vicky Lumentut dan istri Julyeta Paula Runtuwene kemudian meninggalkan objek wisata Wakeke kemudian melanjutkan perjalanan menuju beberapa pulau wisata andalan warga Manado melalui Tongkaina dengan menggunakan kapal cepat. (anto reppy)