IKLAN

Nelayan Tangkap Ikan Pakai Potasium dan Bom, Terancam Diproses Hukum


Eddy Salindeho

Eddy Salindeho

SITARO – Pemkab Sitaro melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sitaro, nampaknya kini telah membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) memantau kegiatan nelayan di wilayah laut Sitaro.

“Nantinya tugas Pokmaswas untuk mengawasi aktivitas nelayan pesisir yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan potasium dan bom ikan,” terang Kadis DKP, Drs Eddy Salindeho Msi, Kamis (16/4)

Kegiatan Pokmaswas ini akan langsung mendapat pengawalan dari DKP, selain itu jika ditemuakan masih ada nelayan yang melakukan hal tersebut, DKP akan melakukan pendekatan untuk mensosialisasikan cara penangkapan ikan yang ramah lingkungan sehingga tidak merusak habitat biota laut lainnya seperti terumbu karang.

Menurut Salindeho, jika imbauan atau saran tersebut tidak didengar lagi, atau masih ada nelayan yang melanggar, tentunya pihaknya akan mangambil tindakan tegas.

“Ini dilakukan sudah sesui prosedur yang berlaku, pastinya jika ditemukan dan pelanggaran dilakukan pada orang yang sama, maka kasus ini akan di bawa ke pihak penegak hukum untuk ditindaklanjuti sesuai dengan proses aturan yang berlaku ,” tutup Kadis. (son)