IKLAN

Mulai Hari Ini Sulut Darurat Bencana, Waspada !!


MANADO– Terhitung Rabu 22 Juni 2016 Sulawesi Utara (Sulut) dalam kondisi status siaga darurat bencana.

Pernyataan ini diungkapkan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Dampak cuaca buruk sudah menimbulkan bencana alam, seperti banjir bandang dan tanah longsor hingga telah memakan korban meninggal dunia dan kerusakan rumah penduduk,”tutur Wagub.

Saat rapat koordinasi penanggulangan bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut di Kantor Gubernur Rabu (22/6), Kandouw menambahkan pemerintah dan stakeholders terkait harus bergerak cepat bersama mengantisipasi segala bencana yang terjadi.

“BPBD Provinsi harus mengambil identifikasi lebih akurat terkait data bencana dan kerugian muncul serta informasi pemberitaan terkait bencana. Data tersebut berpatokan dari kepala BPBD Sulut agar tidak ada lagi pernyataan tidak akurat yang membuat informasi simpang siur,”jelas Kandouw.

Diketahui, tragedi 21 Juni paling banyak sorotan terparah di Kepulauan Sangihe. Dimana terjadi banjir dan tanah longsor mengakibatkan 3 orang meninggal dan 1 orang hilang, puluhan rumah rusak.

Ini Perkembangan Terakhir Kep Sangihe Setelah Banjir Longsor, Astaga Hancur !!

Hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Wakil Gubernur menginstruksikan harus ada utusan ke lokasi kejadian.

“Cepat lakukan pencegahan agar tidak ada korban baru lagi, kembalikan kehidupan normal dan relokasi masyarakat terkena bencana, serta memperhatikan persediaan makanan dan air bersih agar tetap tersedia,”kunci Kandouw. (Kandi/Hm)