IKLAN

MMS “Mangkir”, Sidang Korupsi TPAPD Bolmong pun Ditunda


MMS

Sidang korupsi TPAPD dengan terdakwa MMS alias Marlina beberapa waktu lalu. (Foto ist)

MANADO – Sidang Korupsi Tunjangan Pendapatan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Bolaang Mongondow Tahun 2010 di tunda kerana MMS alias Marlina diduga mangkir dari persidangan pada kamis (18/2). Majelis Hakim Darius Naftali yang dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan alasan Marlina tidak hadir karena sakit. “Marlina tidak datang ke persidangan karena sakit. Jadi dia izin selam tiga hari berdasarkan surat dokter yang masuk ke kami.” Kata Naftali.

Sekedar informasi, sebelumnya Jaksa Penuntut Umum telah mendakwa Marlina dihadapan Majelis Hakim Darius Naftalis, terlibat dalam perkara TPAPD Bolmong, saat dirinya menjabat sebagai Bupati Bolmong.
Pada dakwaan yang dibacanya, dana TPAPD Triwulan II dan Triwulan III, diduga kuat telah diambil terdakwa dengan modus pinjam. Perbuatannya itu, dilakukan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan M Potabuga (Dipidana tanggal 7 November 2012) selaku Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), F L Sugeha (Dipidana 1 Desember 2014) selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong juga selaku Pengguna Anggaran, S Makalalag (Dipidana 1 april 2013) selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS), C C P Wua (Dipidana 30 November 2012) selaku Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretaris Daerah Bolmong juga sebagai PPTK, I S Lasinggaru (Dipidana 11 Februari 2013) selaku Kuasa Bendahara Umum Daerah, dan F Asimin (Dipidana 3 September 2015) selaku Asisten III juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

JPU sendiri telah menjeratnya dengan pidana berdasarkan pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI No 31 tahun 1999. (ekaputra)